Senin, 08 September 2014

Danau Poso, Poso Indonesia



Tentang Danau Poso

Salah satu obyek wisata yang ada di Poso yaitu Danau Poso. Danau Poso adalah andalan obyek wisata di Sulawesi Tengah. Danau Poso adalah Danau terluas ketiga yang ada di Indonesia. Luasnya sekitar 32.320 ha, rentang panjangnya sekitar 32 km dan lebarnya 16 Km. Danau Poso mempunyai kedalaman sekitar 360 m dibagian selatan dan 510 m di bagian utara. Danau Poso membentang ke utara hingga kecamatan Pamona Utara, Tentena di bagian Utara atau sekitar 56 km dari Poso.

Udara di Danau Poso sangat sejuk, karena Danau Poso berada di dataran tinggi dan di kelilingi oleh pegunungan. Danau Poso terletak pada ketinggian 657 mdpl. Air di danau ini sangat jernih, bukan hanya itu tapi juga terdiri dari dua warna, air di tepian danau berwarna hijau sementara di tengah-tengah danau berwarna biru. Anda bisa menghabiskan waktu untuk berenang di air jernih danau, atau bisa juga memancing. Yang unik lagi dari Danau Poso yaitu airnya berombak seperti air laut, bahkan tepian danau ini juga berpasir putih persis seperti di pantai. Air danau bisa berombak karena kerasnya hembusan anginya yang berada disekitar danau.

Tepian Danau Poso landai dan tidak berbatu atau karang, sangat aman untuk berlari-larian di sekitar danau. Anda juga bisa berkeliling danau dengan menyewa perahu motor yang ada di terminal kapal Tentena atau ikut bersama warga yang menuju wilayah Peura di ujung Danau Poso. Di Danau Poso juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas antara lain penginapan dan tempat makan yang menyajikan berbagai hidangan seafood siap memanjakan lidah Anda. Setiap Tahunnya pemerintah daerah kabupaten Poso selalu mengadakan acara Festival Poso di danau ini, oleh karena itu sebelum Anda berkunjung kesini ada baiknya Anda mencari tahu kapan Festival Poso di adakan, agar Anda tak terlewatkan menyaksikan keunikan acara tersebut.

Sumber : utiket.com