Sunday, November 12, 2017

Museum Angkut Terbesar di Asia

Jl.Terusan Sultan Agung Atas No 2 Kota Wisata Batu Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia


Museum Transportasi atau Museum Angkut merupakan museum alat transportasi yang pertama dan terbesar di Asia. Museum ini berada di Kota Batu, Malang.

Museum angkut dibangun sebagai bentuk apresiasi atas perkembangan dunia transportasi di nusantara dan dunia.

Museum Angkut memiliki konsep wisata tematik, mengenai alat transportasi dari berbagai jaman. Museum Angkut ini memiliki area seluas tiga koma tujuh hektar dengan 525 koleksi jenis alat transportasi dari yang tradisional sampai yang modern. Disini Anda akan diajak berwisata edukasi. Museum Angkut sendiri terdiri dari berbagai zona dengan tema dan fungsi yang berbeda-beda.

Aktivitas

Museum ini merupakan museum edukasi, sehingga terdapat beberapa zona yang terbagi sesuai dengan negaranya, diantaranya Zona Hollywood, Zona jerman, Zona London, Zona Itali, Zona Prancis , Zona Inggris dan Zona Batavia. Berikut ini berbagai zona yang dibagi berdasarkan temanya :

Zona Hall Utama :

Area paling depan setelah memasuki pintu masuk. Di sini berisi pameran alat transportasi dari berbagai zaman dan tempat.

Zona Edukasi :

Zona dengan luas 900 meter persegi ini menampilkan sejarah alat transportasi dari masa ke masa, baik yang berada di Indonesia maupun di dunia dengan metode pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif.

Zona Istana Buckingham :

Di sini memamerkan koleksi mobil kuno dan mobil-mobil produksi Inggris yang digunakan oleh Ratu Elizabeth II. Di area ini Anda dapat bermain-main di taman bunga yang lokasinya ada di depan replika Buckingham Palace dan berfoto bersama patung Sang Ratu yang sedang duduk di singgasananya.

Zona Las Vegas :

Zona yang bernuansa Amerika dengan hiasan Gerbang Las Vegas.

Zona Hollywood :

menampilkan berbagai transportasi yang ada di film-film Hollywood seperti Batmobile dan mobil Scooby Doo. Satu hal yang menarik perhatian pengunjung, adalah patung Hulk yang terbuat dari onderdil mobil bekas dengan warna khas hijau.

Zona Sunda Kelapa dan Batavia :

Memamerkan suasana pelabuhan Jakarta pada zaman Belanda dahulu.

Zona Gangster Town dan Boardway :

di Zona ini, kita akan dibawa pada zaman gangster Alcapone di tahun 1971. Dengan nuansa Boardway Street yang menjadi impian para artis tersohor dunia .

Zona Eropa :

Zona ini menampilkan nuansa beberapa kota terkenal di Eropa, lengkap dengan alat transportasinya.

Zona Pasar Apung :

merupakan zona terakhir dari Museum Angkut.

Zona D'topeng Kingdom :

Berisi tentang kekayaan warisan budaya

Fasilitas

Fasilitas di kawasan wisata ini sangat lengkap serta kebersihannya cukup terjaga. Kawasan ini sudah dilengkapi dengan toilet umum, toilet bagi difabel, ruang ibu dan anak, area merokok, kursi roda dan tempat parkir yang cukup luas. Selain itu, terdapat toko-toko yang menyediakan souvenir, pernak pernik serta kerajinan khas nusantara.

Akomodasi

Tidaklah sulit menemukan berbagai penginapan maupun hotel di kawasan ini, karena area wisata ini sangat dekat dengan kawasan wisata Jatim Park 1.

Jam buka

Jam 12.00 sampai 20.00 WIB.

Biaya tiket masuk

Hari biasa: Rp 60.000, Weekend: Rp 80.000. Ada biaya tambahan bagi yang membawa kamera sebesar Rp 30.000.

Makan di Museum Angkut Terbesar di Asia

Di Zona Pasar Terapung, Anda dapat menikmati kuliner tradisional nusantara serta danau buatan.

Sumber : utiket.com