Sabtu, 27 September 2014

Kebun Raya Unmul Samarinda Indonesia



Tentang Kebun Raya Unmul

Kebun Raya Unmul Samarinda (KRUS) merupakan obyek wisata favorit Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur. Awalnya, pada tahun 1974 lokasi ini merupakan kawasan hutan konservasi untuk pendidikan Universitas Mulawarman (Unmul) yang digunakan sebagai tempat penelitian dan tempat berkumpulnya para mahasiswa Unmul dengan luas sekitar 300 hektar. Namun pada tahun 2001, 62 hektar dari total luas lokasi tersebut dipakai sebagai tempat wisata hingga sekarang.

Obyek wisata dengan fasilitas jalan yang sudah beraspal di dalam lokasi yang menghubungkan titik wisata yang satu dengan yang lainnya ini memiliki kebun binatang mini dengan koleksi binatang seperti buaya, kancil, kuda, orang utan, elang kepala putih, monyet ekor panjang dan masih banyak lagi. Di lokasi KRUS ini banyak ditumbuhi pepohonan yang membuat suasana menjadi sejuk. Untuk berkeliling KRUS, kita bisa menggunakan delman atau cukup dengan berjalan kaki saja sembari menikmati suasananya yang menyenangkan. Jika sudah lelah berjalan, tersedia gazebo yang tersebar di setiap sudut untuk beristirahat.

Selain kebun binatang mini, KRUS juga menyediakan aneka permainan seperti gokart, motor ATV, sepeda air, bianglala dan komedi putar. Namun beberapa permainan tersebut hanya beroperasi pada hari libur besar saja seperti bianglala dan komedi putar. Kita diharuskan membeli karcis untuk dapat menggunakan setiap wahana permainan, contohnya jika ingin bermain gokart atau motor ATV, kita harus membeli karcis sebesar Rp. 20.000 untuk tiga putaran dan Rp. 15.000 untuk sepeda air.

Ada pula jalur pijat refleksi yang jarang ditemukan di obyek wisata lain. Jalur pijat refleksi ini merupakan jalan sepanjang 25 meter yang berisi kerikil dan bisa digunakan untuk memijat telapak kaki. Tempat memancing dan panggung terbuka pun juga terdapat di KRUS. Di bagian belakang terdapat Museum Kayu, dimana kita bisa mendapatkan wawasan mengenai berbagai jenis kayu yang terdapat di Kalimantan Timur. Beberapa meter dari Museum Kayu ini terdapat pintu gerbang Praja Muda Karana yang merupakan tempat perkemahan.

Akses ke Kebun Raya Unmul

KRUS hanya berjarak sekitar limebelas kilometer dari pusat Kota Samarinda yang dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan umum dapat naik angkot nomor F warna kuning yang melayani trayek Pasar Segiri-Sungai Siring.

Jam Buka

KRUS buka setiap hari pukul 09:00-16:00 WIT kecuali hari Jumat tutup.

Biaya Tiket Masuk

Harga tiket masuk KRUS sebesar Rp. 5.000 sudah termasuk asuransi Jasa Raharja.

Sumber : utiket.com