Kamis, 16 Oktober 2014

Taman Nasional Karimunjawa Semarang Indonesia



Tentang Taman Nasional Karimunjawa

Taman Nasional Karimunjawa adalah Taman Nasional Laut di kepulauan Karimunjawa sekitar 120 km utara Semarang, Jawa Tengah. Ini adalah salah satu dari enam Taman Laut di IndonesiaKepulauan ini memiliki 27 pulau dengan luas wilayah Taman 110,117 ha dan hanya 4 pulau yang di huni yaitu (pulau Karimunjawa, pulau Kemujan, Pulau Menjangan Besar, dan Pulau Menjangan Kecil) dengan total penduduk hanya sekitar 10.000 jiwa yang sebagian besar adalah nelayan.

Menurut legenda pada awalnya yang menetap di Karimunjawa adalah Sunan Nyamplungan (lahir sebagai Amir Hasan), putra salah satu Sunan dari sembilan Sunan yaitu Sunan Muria, salah satu Muslim (Sunan) yang memperkenalkan agama Islam di Jawa.

Taman Laut Nasional Karimunjawa memiliki lima tipe ekosistem yaitu: hutan bakau, padang lamun dan rumput laut, hutan pesisir, hutan hujan tropis dan terumbu karang. Dengan Keaneka ragaman hayati yang luar biasa yaitu: ada 44 jenis tanaman bakau, 11 jenis rumput laut, 9 jenis ganggang laut, 444 jenis ikan, dan 176 jenis karang. Bagi ahli botani dan peneliti Karimunjawa adalah tempat menarik karena terdapat flora dan fauna yang unik. Pada masa penjajahan Belanda kepulauan ini dikunjungi oleh ahli botani terkenal seperti Teijsmann (tahun 1854), Koorders (1886), Schlechter (1910) dan Dammerman (1926).

Meskipun tempat ini sangat mengagumkan karena memiliki pantai berpasir putih yang ditutupi oleh hutan hujan tropis namun pengembangan tempat pariwisata ini masih sangat terbatas dikarenakan letaknya yang terpencil.



Akses ke Taman Nasional Karimunjawa

Kamu memiliki tiga pilihan untuk menuju ke Karimunjawa yaitu dengan perahu dari pelabuhan Tanjung Emas di Semarang sekitar 4 jam, perahu cepat dari Jepara (2 jam) atau dengan menggunakan perahu dari pelabuhan Kartini di Jepara sekitar 6 jam. Perlu diketahui bahwa ketiga kapal tersebut dioperasikan hanya dua kali seminggu.

Sumber : utiket.com