Monday, July 7, 2014

Pulau Karampuang Mamuju Indonesia



Tentang Pulau Karampuang

Pulau Karampuang merupakan lahan hutan kota Mamuju. Selain itu, pulau ini juga menjadi salah satu obyek wisata di Mamuju. Pulau Karampuang tepatnya berada di Kecamatan Simboro Kepulauan, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat. Pulau seluas sekitar enam kilometer persegi ini terkenal akan keindahan lautnya.

Keindahan bawah laut berupa terumbu karang dan biota laut lainnya merupakan daya tarik pulau ini dalam wisata baharinya. Tidak perlu menyelam untuk dapat melihat keindahan tersebut. Terdapat dermaga kayu sepanjang 500 meter yang dibangun dari garis pantai dan menjorok ke laut. Dermaga ini bisa kita temukan di bagian utara Pulau Karampuang. Dari atas dermaga, kita bisa melihat berbagai terumbu karang dan ikan di bawahnya. Air lautnya sangat bersih dan jernih sehingga memungkinkan setiap pengunjung di pulau ini untuk melihat keindahan laut yang mengagumkan. Jika ingin melihat keindahan bawah laut lebih dekat, kita juga bisa menyelam.

Di bagian selatan dari pulau ini kita bisa menjumpai sumur tiga rasa atau yang sering dikenal dengan nama Sumur Jodoh. Sumur ini memang memiliki air dengan tiga rasa yang berbeda yakni asin, tawar dan payau. Sumur unik ini juga dipercaya bisa mendatangkan jodoh. Bagi seorang gadis atau perjaka yang meminum airnya dipercaya akan segera mendapatkan jodoh. Selain itu, di pulau ini juga terdapat Gua Lidah. Terdapat tangga yang bisa digunakan untuk menyusuri gua hingga ke dalam. Dari luar, gua ini terlihat kecil karena memiliki mulut gua yang berukuran kecil. Namun setelah memasuki gua dan sampai ke dalam maka kita akan menjumpai ruangan gua yang luas dengan dinding gua yang kokoh. Jangan heran jika menemukan banyak kelelawar di dalam gua ini.

Jika ingin menikmati keindahan Pulau Karampuang lebih lama, kita bisa menginap di beberapa pondok penginapan yang terbuat dari anyaman bambu dan pohon pinang sebagai tiangnya. Pondok klasik ini berada di antara pepohonan yang rindang sehingga akan terasa suasana yang alami dan menenangkan.

Akses ke Pulau Karampuang

Letak Pulau Karampuang ini sangat mudah dijangkau karena hanya berjarak sekitar tiga kilometer dari kota Mamuju. Kita bisa memulainya dari dermaga kota Mamuju yang ada di area tempat pelelangan ikan Kasawi. Dari dermaga ini kita bisa menyewa perahu motor yang disebut katinting untuk menuju ke Pulau Karampuang dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. Biaya sewa perahu ini sekitar Rp 20.000.

Sumber : utiket.com

No comments:

Post a Comment