Senin, 02 Maret 2015

Lima Batu Termahal dan Langka di Dunia



Bebatuan langka apalagi yang berjenis batu permata memang sudah lama digunakan sebagai aksesoris dan perhiasan bagi umat manusiaKebanyakan bebatuan tersebut dijadikan sebagai kalung, liontin, gelang, bros hingga cincin. Nah, berikut lima bebatuan jenis permata yang termahal dan langka yang ada di dunia.

Jadeite

Batu jenis ini merupakan batu yang cukup langka dan memiliki nilai lebih dari USD 3 juta per karat. Tak heran bila pada tahun 1997 lalu yakni di Hongkong, terjual sebuah kalung dengan untaian batu jadeite senilai USD 9,3 juta atau sekitar Rp 109 miliar lebih.

Red Diamond

Red diamond atau berlian merah jumlahnya memang sangat sedikit di dunia ini. Sehingga nila jual batu jenis ini mencapai USD 2,5 juta per karat atau sekitar Rp 29 miliar lebih per karat.

Serendibite

Batu jenis ini pertama kali ditemukan pada tahun 1902 di Gangapitiya, Ambakotte, Sri Lanka. Istilah Serendibite sendiri berasal dari kata Serendib, yang merupakan istilah Bahasa Arab kuno untuk menyebut Sri Lanka. Batu ini terbagi menjadi tiga jenis yakni batu dengan kadar 0,35 karat, 0,55 karat serta 0,56 karat. Nilai jual batu ini mencapai USD 2 juta per karat.

Blue Garnet

Batu ini  merupakan salah satu batu langka yang mengandung banyak warna yakni merah, oranye, hijau, kuning dan lain-lain. Sedangkan blue garnet atau garnet biru sendiri merupakan jenis batu garnet yang paling langka. Garner biru ditemukan pada tahun 1990 akhir di Bekily, Madagaskar. Selain itu pernah juga ditemukan di Rusia, Amerika, Kenya, Tanzania serta Turki. Nilai jual batu ini bisa mencapai USD 1,5 juta per karat. Terkadang beberapa jenis batu garnet bisa berubah warna pada siang dan malam hari.

Painite

Batu jenis ini termasuk salah satu batu yang sangat langka. Pertama kali ditemukan di Myanmar oleh seorang peneliti ahli mineralogi berkebangsaan Inggris yakni Arthur C.D Pain pada tahun 1950. Susunan kimia yang membentuk bebatuan ini adalah kalsium, zirkonium, boron, aluminium dan oksigen. Nilai batu ini mencapai USD 60.000 per karat.

Sumber : utiket.com