Senin, 13 April 2015

Kellie’s Castle Ipoh Malaysia



Introduksi 

Selalu ada bangunan bersejarah yang merupakan wujud cinta kasih terhadap seseorang di setiap negara. Salah satunya dapat kita temukan di kota Ipoh, ibukota negara bagian Perak, Malaysia. Di kota ini terdapat sebuah kastil bernama Kellie’s Castle yang menjadi wujud cinta seorang suami terhadap istrinya. Walaupun kastil ini merupakan wujud cinta, namun berbagai kisah misteri melekat di bangunan ini. Kastil ini dibangun pada abad ke-19 oleh seorang pengusaha karet dari Skotlandia, Inggris bernama William Kellie Smith. Dahulunya William mencoba peruntungan dengan meninggalkan Skotlandia menuju ke Malaysia. Akhirnya dia berhasil menjadi pengusaha perkebunan sukses lalu kembali ke Inggris dan menikahi kekasihnya, Agnes Smith lalu memboyongnya ke Malaysia pada tahun 1903. Mereka kemudian dikarunai anak perempuan bernama Helen. Selang sebelas tahun kemudian, lahirlah anak kedua mereka, seorang laki-laki bernama Anthony. Sebagai wujud cintanya terhadap istrinya dan kelahiran putra keduanya, William memperbesar rumah yang mereka tinggali menjadi sebuah kastil pada tahun 1915.

William mendatangkan pekerja dan bahan bangunannya langsung dari India karena dia memiliki ketertarikan terhadap Hindu. Bahkan William pun membangun kuil Hindu di sekitar bangunan kastil ini. Di kastil terdapat sebuah tempat yang katanya akan digunakan sebagai lift. Jika lift tersebut ada maka akan menjadi lift pertama di Malaysia. Namun sayangnya hal tersebut tidak sempat terwujud karena banyak pekerja yang meninggal akibat flu dan meletusnya Perang Dunia II. Kemudian disusul dengan meninggalnya William akibat radang paru-paru pada tahun 1926 saat sedang dalam perjalanan ke Portugal bersama putrinya. Sepeninggal William, Agnes menjual kastil tersebut kepada sebuah perusahaan Inggris bernama Harrison and Crossfield dan meninggalkan Malaysia.

Namun perusahaan tersebut tidak melakukan perubahan apapun terhadap kastil itu. Hingga saat kastil tersebut menjadi tempat pengambilan film Anna and the King, banyak wisatawan yang berdatangan untuk menyaksikan kemegahan kastil ini. Walaupun berbagai cerita misteri sangat lekat di kastil ini, masih banyak wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara yang berdatangan untuk menyaksikan bangunan kuno yang tak sempat terselesaikan ini. Selain menjadi obyek wisata, kastil ini juga biasa digunakan untuk pengambilan foto pre wedding.

Tiket Masuk

Untuk warga negara Malaysia dikenakan biaya tiket masuk sebesar RM 5 (Ringgit Malaysia), sedangkan bagi para wisatawan mancanegara dikenakan biaya tiket masuk sebesar RM 10.

Jam Buka

Kellie’s Castle buka setiap hari mulai pukul 09.00 pagi hingga pukul 18.30 waktu setempat.

Akses ke Kellie’s Castle Ipoh

Perjalanan menuju ke Kellie’s Castle dari pusat kota Ipoh dapat ditempuh menggunakan kendaraan darat dengan lama perjalanan sekitar 30 menit. Jalan menuju ke kastil ini cukup sepi dan berkelok-kelok. Disarankan untuk kembali pulang dari kastil ini sebelum matahari tenggelam agar tidak tersesat di jalan.

Sumber : utiket.com