Minggu, 29 Mei 2016

Kebun Raya Bogor Indonesia



Jl. Ir. Juanda 13 Indonesia

Introduksi 

Kebun Raya Bogor terletak di pusat kota Bogor, 60km selatan Jakarta. Luas tanahnya sekitar 80 hektar yang meliputi Taman dan Istana Kepresidenan (Istana Bogor).



Pendiri Kebun Raya Bogor adalah Caspar Georg Carl Reinwardt yang diangkat pada tahun 1817 menjadi Direktur Agriculture bisnis. Sebagai ahli botani ia sangat tertarik untuk menyelidiki tumbuhan yang digunakan oleh orang Jawa untuk keperluan rumah tangga dan medis. Reinwardt, dengan izin dari Gubernur, memutuskan untuk mengubah kebun di sekitar tempat tinggal Gubernur, Buitenzorg, menjadi kebun raya di mana ia bisa membawa jenis tanaman dari seluruh nusantara. Ia menjadi direktur pertama di "Lands Plantentuin" dan memperkenalkan 900 jenis tanaman.

Selain taman yang menjadi pusat penelitian, para peneliti botani juga melakukan pengembangan ubi kayu sebagai sumber makanan alternatif, pengenalan kina (digunakan untuk mengobati malaria) dan beberapa tanaman obat.



Saat ini Kebun Raya Bogor memiliki lebih dari 15.000 spesies tanaman dan 50 jenis burung serta kelelawar. Terdapat juga Rumah anggrek yang memiliki 3000 jenis anggrek dan kamu tidak perlu menjadi seorang ahli botani untuk menikmati keindahan di sekitar taman.

Akses Ke Kebun Raya Bogor

Bogor mudah dijangkau dari Jakarta dengan menggunakan bus, mobil, kereta api atau bahkan taksi. Ada banyak bis dan kereta api di rute ini. Dari stasiun kereta api Bogor menuju Kebun Raya tidak jauh, bila berjalan kaki dan dari bandara Soekarno-Hatta, kamu bisa menggunakan bus Damri yang langsung ke Bogor (Rp 35.000).

Jam buka

Kebun Raya Bogor dibuka pukul 08:00 sampai 17:00

Biaya tiket masuk

Tiket masuk hanya Rp. 9.500 per orang.

Kontak
Phone: 0251 8311362

Sumber : utiket.com