Kamis, 17 April 2014

Danau Limboto Gorontalo Indonesia



Tentang Danau Limboto

Ingin menikmati sensasi berperahu di atas permukaan air yang mengeluarkan asap? Anda wajib datang ke kawasan Pentadio Resort yang ada tepi Danau Limboto. Danau Limboto berada di Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, Propinsi Gorontalo. Perairan di tepian Danau Limboto ini memang unik karena seperti layaknya air yang mendidih, mengeluarkan kepulan asap. Banyak sungai yang mengairi Danau Limboto antara lain Sungai Alo, Sungai Bionga, Sungai Daena, dan Sungai Molalahu. Sungai-sungai itu tentu saja menambah kecantikan Danau Limboto ini. Sementara kepulan asap di Danau Limboto berasal dari aliran air panas yang melalui sebuah sungai selebar 2 meter. Aliran air panas ini bersumber dari mata air panas yang berada di sekitar Pentadio Resort.

Di pagi dan petang hari panorama unik bisa Anda saksikan di tempat ini. Sampan-sampan kecil milik nelayan menghiasai landscape khas Danau Limboto ditambah dengan burung-burung cantik yang saling mengepakkan sayapnya. Ya, danau ini juga menjadi tempat favorit habitat burung-burung. Aneka spesies burung air menghuni tempat ini, bahkan elang bondol yang termasuk burung langka turut menghuni tempat ini, uniknya tingkah burung-burung yang bergerak kesan kemari menjadi atraksi tersendiri bagi para pengunjung.

Selain pemandangan alamnya yang menarik hati, kuliner di Danau Limboto juga tak kalah menarik. Berbagai macam ikan tawar dengan berbagai olahan siap disajikan untuk Anda. Jangan lupa untuk memesan sambal khasnya, yaitu sambal dabu-dabu. Semuanya siap memanjakan lidah Anda. Jadi sempatkan diri untuk mengunjungi Danau Limboto saat Anda berkunjung ke Gorontalo. Apalagi ada penelitian yang memperkirakan bahwa danau ini akan lenyap sekitar 15 tahun lagi.

Akses ke Danau Limboto

Danau Limboto terletak tidak jauh dari Bandara Jalaludin, Gorontalo. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan umum atau kendaraan sewa untuk menuju kawasan wisata ini. Pemerintah Daerah setempat sudah membangun beberapa cottage untuk mengakomodir kedatangan wisatawan dan tarifnya pun cukup terjangkau. Wisatawan tidak dikenakan biaya masuk untuk mengunjungi Danau Limboto, namun jika ingin berkeliling danau dapat menyewa perahu dengan tarif mulai dari Rp. 50.000,-.

Untuk penginapan dan maskapai terbang dari / ke Gorontalo, Anda bisa mengunjungi :


Sumber : utiket.com