Selasa, 08 April 2014

Nikmatnya Gado-Gado


Siapa tak kenal dengan gado-gado, kuliner satu ini bisa kita jumpai hampir di setiap sudut kota manapun di Indonesia. Kuliner ini berasal dari Pulau Jawa. Meskipun begitu, gado-gado juga bervariasi. Hal ini dikarenakan setiap daerah juga mempunyai racikan khas masing-masing. Mulai dari bumbu yang digunakan hingga jenis sayurannya. Hanya saja, hampir semua orang suka dengan gado-gado karena selain sehat rasanya juga mantap. 

Bisa dibilang gado-gado merupakan salad khas Indonesia. Kuliner ini merupakan campuran dari berbagai macam sayur seperti kacang panjang, kol, tauge, wortel, kentang, selada serta tomat mentah. Sebagai bahan pelengkapnya biasanya tersaji telur rebus, krupuk serta bawang goreng. Dalam penyajiannya, sayuran ini ditata di atas piring lalu disiram dengan saos kacang.  Gado-gado biasanya disantap dengan menggunakan lontong atau nasi. Karena menggunakan bahan dasar sayuran, makanan ini mengandung banyak gizi. Selain itu telor, kentang maupun lontong juga menghasilkan karbohidrat yang diperlukan untuk tubuh. Untuk saos gado-gado sendiri biasanya terbuat dari kacang goreng yang telah dilumatkan, bawang putih, cabe, air jeruk nipis atau asam jawa, garam serta gula merah yang ditambahkan dengan sedikit kecap dan terasi. 

Gado-gado ini termasuk makanan yang merakyat. Selain harganya yang cukup murah, gado-gado juga bisa ditemukan di restauran. Tapi jangan salah, gado-gado juga sudah mendunia loh. Buktinya pada tahun 2010 lalu, gado-gado kuliner khas Indonesia ini berhasil meraih juara pertama dalam Lomba Masak Internasional Litorale Flegreo Nel Mondo 2010 di Napoli Itali yang berlangsung dari tanggal 13 hingga 17 Juli 2010. Jadi sudah sepantasnya kita bangga dengan makanan khas Indonesia.

Sumber : utiket.com