Senin, 28 April 2014

Tips Berwisata ke Akuarium



Tidak semua kota di dunia ini memiliki obyek wisata akuarium. Jadi jika Anda berkesempatan mengunjungi kota yang memiliki obyek wisata akuarium, jangan lewatkan hal itu. Sebagai contoh obyek wisata akuarium dapat kita temui di SeaWorld yang ada di Ancol dan Dunia Air Tawar yang ada di TMII. Keduanya berada di Jakarta. Sedangkan untuk akuarium di negara tetangga dapat dijumpai di Singapura dengan S.E.A Aquarium yang terkenal dengan ukurannya yang super besar. Di Malaysia, Thailand dan Australia juga memiliki akuarium yang indah. Agar wisata ke akuarium menjadi lebih berkesan, berikut ini beberapa tipsnya.

Datang lebih awal

Datanglah ke akuarium lebih awal terutama saat musim liburan. Dengan datang lebih awal, kita dapat menjelajahi akuarium dengan puas dan detail. Rasanya sayang jika hanya menyaksikan sekilas saja seluruh koleksi akuarium. Kita juga bisa memiliki banyak waktu untuk berfoto di dalam akuarium dan tidak perlu berdesak-desakan dengan pengunjung yang lain. Untuk itu, kita perlu mengetahui jam buka akuarium tersebut.

Cari tahu jadwal memberi makan ikan (feeding fish)

Feeding fish atau memberi makan ikan merupakan salah satu kegiatan yang mengasyikkan yang bisa kita lakukan saat berwisata akuarium. Sebaiknya cari tahu terlebih dahulu mengenai waktu atau jadwal feeding fish karena biasanya hanya tersedia pada waktu-waktu tertentu saja. Kita bisa mencari infonya melalui internet atau bertanya kepada petugas akuarium melalui telepon.

Ajak buah hati ke kolam sentuh

Saat berwisata ke akuarium bersama buah hati, jangan lupa untuk mengajaknya ke kolam sentuh. Di sini kita dapat berinteraksi langsung dengan berbagai ikan dengan cara menyentuhnya. Si buah hati tentunya akan suka dengan hal ini. Tidak hanya untuk sang buah hati saja, Anda pun bisa mencobanya.

Jangan lewatkan untuk melihat ikan langka

Cari tahu mengenai keberadaan ikan langka dan aneh yang menjadi koleksi akuarium tersebut. Biasanya setiap akuarium memiliki hewan langka dan aneh ataupun yang menjadi ikon akuarium tersebut. Sebagai contoh, di Dunia Air Tawar TMII ada ikan buntal yang akan mengembang menyerupai balon saat tengah terancam, di Siam Ocean World Bangkok ada kepiting laba-laba raksasa yang berhabitat asli di dasar lautan Jepang.

Jangan gunakan blitz untuk berfoto

Pastinya ingin mengabadikan momen di akuarium kan? Jika ingin berfoto di akuarium, hindari penggunaan blitz karena cahaya blitz bisa terpantul dari kaca akuarium dan membuat hasil foto tidak bagus. Selain itu, pilihlah lokasi yang bagus untuk berfoto, misalnya di terowongan kaca.

Sumber : utiket.com