Kamis, 28 Agustus 2014

Air Terjun Guruh Gemurai Pekanbaru Indonesia



Tentang Air Terjun Guruh Gemurai

Air Terjun Guruh Gemurai terletak di daerah perbatasan Sumatera Barat dengan Riau yang berada di kawasan hutan lindung, tepatnya di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik (Lubuk Jambi), Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Propinsi Riau. Nama Air Terjun Guruh Gemurai diambil dari salah satu bahasa daerah setempat. Dimana arti kata Guruh berarti Gemuruh atau maksudnya bunyi air terjun tersebut, sedangkan Gemurai berarti percikan air yang berserakan. Jadi arti dari Air Terjun Guruh Gemurai yakni air terjun yang bunyi percikannya bergemuruh.

Air terjun ini memiliki dua curahan yang salah satunya memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Di bawahnya ada sebuah kolam yang dapat digunakan oleh wisatawan untuk mandi atau berenang. Tersedia beberapa balai yang dapat digunakan oleh para wisatawan untuk sekedar beristirahat melepas lelah. Sembari melepas lelah, wisatawan juga dapat menyaksikan pemandangan alam pedesaan dan aliran sungai Kuantan yang berkelok-kelok. Tentunya pemandangan seperti ini sangat jarang dapat ditemui di perkotaan dan sayang apabila terlewatkan.

Sekitar kurang lebih 1 km dari lokasi peristirahatan tersebut, wisatawan akan sampai di lokasi Air Terjun Guruh Gemurai. Di lokasi ini para wisatawan tidak perlu susah-susah untuk menikmati keindahan alam air terjun tersebut karena di lokasi ini telah dibangun fasilitas penunjang berupa tangga beton di antara tebing yang dapat digunakan untuk menuju kolam jatuhnya air terjun tersebut. Selain itu, di lokasi ini juga telah tersedia fasilitas-fasilitas penunjang lainnya seperti areal parkir yang luas, sebuah pentas terbuka untuk mengadakan berbagai macam acara, arena bermain untuk anak, kolam untuk mandi dan juga mushola untuk ibadah.

Akses ke Air Terjun Guruh Gemurai

Air Terjun Guruh Gemurai ini berjarak sekitar kurang lebih 10 km dari Pasar Lubuk Jambi atau 25 km dari Teluk Kuantan, Ibu Kota Kabupaten Kuansing ke arah Kiliran Jao (perbatasan Propinsi Sumbar-Riau).

Dari pintu masuk tersebut, para pengunjung harus melewati hutan gundul yang telah ditanami pohon karet dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 2 km untuk sampai ke lokasi air terjun.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke air terjun Guruh Gemurai ini dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum. Dari Pasar Lubuk Jambi akan bertemu dengan dua jalan yang bercabang dua, ambillah jalan di sebelah kiri dan menanjak yang bernama Desa Koto (Kote Ate) lalu melewati jalan yang sedikit berkelok. Sekitar 2 km atau 5 menit perjalanan, wisatawan akan sampai di Desa Kasang. Sesampainya di Desa Kasang, perjalanan dilanjutkan sejauh 6 km dengan lama perjalanan sekitar 15 menit, kemudian akan terlihat pintu masuk Air Terjun Guruh Gemurai.

Biaya tiket masuk

Untuk dapat masuk ke obyek wisata ini harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 2.000,- per orang untuk anak-anak dan Rp. 3.000,- per orang untuk dewasa. Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan, tarif parkir untuk kendaraan roda dua sebesar Rp. 2.000,- dan untuk kendaraan roda empat sebesar Rp 5.000,-.

Sumber : utiket.com