Jumat, 01 Agustus 2014

Candi Biaro Bahal Padang Indonesia



Tentang Candi Biaro Bahal

Candi Bahal terletak di Desa Bahal, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Selatan. Sekitar 3 jam perjalanan dari Padang Sidempuan, Candi ini merupakan kompleks Candi atau warga sekitar menyebutnya dengan istilah Biaro. Kompleks ini merupakan kompleks candi terluas di Sumatera Utara karena areanya meliputi Candi Bahal 1, Candi Bahal 2 dan Candi Bahal 3.

Candi Bahal hanya merupakan bagian dari Candi Padanglawas atau Padang Luas yang meliputi beberapa candi antara lain: Candi Pulo, Candi Barumun, Candi Singkilon, Candi Bara, Candi Sipamutung, Candi Aloban, Candi Rondaman Dolok, Candi Magaledang, Candi Nagasaribu, Candi Sitopayan.

Dari sekian banyak Candi, hanya Candi Bahal yang sudah mengalami renovasi dan untuk Candi-candi yang lainnya masih dalam proses renovasi.

Yang menarik di candi Bahal adalah arah Candi induk yang menghadap ke sebelah tenggara yang biasanya candi-candi di Indonesai menghadap ke barat atau timur.

Bagian terbaik dari candi Bahal adalah atapnya karena bagian atap dari Candi Bahal berbentuk bulat yang sekelilingnya di hiasi pita-pita yang digambarkan sangat natural, Candi Bahal juga memiliki relief yang unik. Ada dua relief yaitu gambar singa dan raksasa, selain candi induk ada empat candi perwata atau candi pendamping.

Sumber : utiket.com