Jumat, 15 Agustus 2014

Pantai Tanjung Karang Palu Indonesia



Tentang Pantai Tanjung Karang

Seperti namanya pantai ini sarat dengan terumbu karang. Tanjung Karang berada di teluk Palu, yang masuk kedalam wilayah Kota Donggala. Pantai Tanjung Karang menjadi obyek wisata favorit bagi warga PaluTanjung Karang berjarak sekitar 40 kilo meter dari pusat Kota Palu, dengan adanya jalan Trans Sulawesi yang beraspal mulus akan memudahkan para wisatawan untuk menuju kawasan. Tanjung Karang yang sangat indah dapat di nikmati pada malam hari sebab lampu penerang aneka warna dari kejauhan berkelap-kelip, selain sinar Mercusuar yang dibangun oleh Departemen Perhubungan di sudut tanjung ini.

Pantai Tanjung Karang tidak cocok untuk area surfing karena pantai Tanjung Karang memiliki ombak yang tenang dan bersahabat serta berpasir putih. Bagi pecinta diving dan snorkeling kawasan ini sangat cocok karena airnya yang sangat jernih dan Tanjung karang dikenal dengan kaya akan terumbu karang. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati pemandangan terbuka di Teluk Palu dan Selat Makassar dengan kesibukan kapal yang keluar masuk Pelabuhan Pantoloan serta perahu nelayan di teluk Palu.


Rute di Tanjung Karang juga melibatkan atol di pusat laut, kawasan pantai yang berhadapan langsung dengan perairan Selat Makassar dengan jarak sekitar 11 kilometer. Pulau Karang tersebut akan muncul di tengah laut sekitar pukul 16.00 yang bertahan hingga beberapa jam.

Bila tidak membawa peralatan snorkeling, kamu dapat menyewanya dengan tarif Rp 10.000. kamu bisa menikmati terumbu karang yang hanya berjarak sekitar satu kilo meter dari bibir pantai.

Di sini juga menyediakan scuba diving atau perahu yang dirancang khusus untuk melihat keindahan terumbu karang dengan tarif Rp. 50.000 per rombongan. Dengan rute perahu meliputi Anchor Reef, Natural Reef, Green Wall, Irmis Block, Alex Point dan Rocky Point yang berjarak 500 meter.

Terdapat pula gugusan terumbu karang yang terbentuk dari reruntuhan kerangka kapal perang di kedalaman 40 meter yang terletak sekitar 2 kilometer arah selatan Tanjung Karang ke arah Pelabuhan Donggala.

Sumber : utiket.com