Minggu, 14 September 2014

Air Terjun Sulewana Poso Indonesia



Tentang Air Terjun Sulewana

Air Terjun Sulewana atau yang biasa disebut oleh penduduk setempat dengan nama Air Luncur Sulewana merupakan salah obyek wisata yang berada di Desa Sulewana, Kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Nama air terjun ini berasal dari bahasa lokal setempat yang terdiri dari dua kata yakni Sule yang berarti jantung dan Wana yang berarti hutan. Aliran airnya berasal dari Danau Poso yang berjarak sekitar dua belas kilometer. Air terjun ini juga memiliki debit air yang besar dan sangat deras sehingga selain menjadi tempat wisata, air terjun ini juga menjadi sumber pembangkit listrik yang berkekuatan hingga 800 Mw. Bahkan suara derasnya aliran airnya dapat didengar dari jarak sekitar 500 m.

Terdapat kolam di bawah air terjun ini. Namun jika ingin bermain di kolam ini, jangan berada tepat di bawah jatuhnya air terjun karena luncuran airnya sangat deras. Ada cara lain untuk menikmati Air Terjun Sulewana ini yakni dengan menyusuri aliran sungainya dari atas tebing air terjun. Karakteristik sungai dengan bebatuan besar dan aliran air yang deras sangat cocok untuk rafting. Tersedia tempat penyewaan perlengkapan rafting di kawasan air terjun ini. Sedangkan untuk penginapan bisa didapatkan di kota Tentena yang berjarak sekitar dua belas kilometer dari Danau Poso.

Akses ke Air Terjun Sulewana

Jika kita telah berada di Danau Poso yang ada di Tentena, maka perjalanan ke Air Terjun Sulewana akan mudah ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor. Jaraknya sekitar dua belas kilometer. Kemudian perjalanan bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh sekitar tiga kilometer. Perjalanan ini akan terbayarkan setelah kita sampai di Air Terjun Sulewana.

Sumber : utiket.com