Rabu, 03 September 2014

Taman Bukit Bougenville Pontianak Indonesia



Tentang Taman Bukit Bougenville

Singkawang ternyata memiliki sebuah taman yang cukup dikenal yaitu Taman Bukit Bougenville. Taman bunga ini terletak di Desa Sijangkung, berjarak kurang lebih 6 km atau 15 menit perjalanan dari Kota Singkawang. Taman ini berlokasi di sebuah kaki bukit yang berlatar belakang Gunung Pasi dan dikelilingi areal hutan dan perkebunan yang tentunya menjadikan kawasan ini menjadi sangat asri dan sejuk.

Seperti namanya, taman ini merupakan sebuah taman yang didominasi oleh bunga Bougenville (Bougenvillea Spectabilis). Bougenville atau yang juga disebut dengan bunga kertas ini merupakan salah satu tanaman hias terpopuler di dunia. Di kawasan wisata ini para wisatawan akan disuguhi sekitar 46 spesies bunga Bougenville yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.

Di sebagian kawasan taman ini terdapat track pejalan kaki yang melintasi area taman, ada pula kolam dengan jembatan di atasnya dan terdapat tulisan “Bukit Bougenville”. Di kolamnya sendiri terdapat patung naga yang meliuk-liuk dari bawah jembatan dengan kepala yang mengarah ke atas jembatan.

Selain dapat menikmati keindahan bunga Bougenville, di taman ini para wisatawan juga akan disuguhi berbagai macam tanaman hias lainnya seperti Anggrek, Anthurium, Sri Rejeki (Aglonema), dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, kawasan wisata ini pun memiliki fasilitas yang sudah cukup lengkap. Mulai dari sarana umum yakni tempat parkir yang luas, mushola, pondokan-Pondokan untuk tempat bersantai, rest room, kolam renang mini untuk pengunjung yang sengaja datang membawa putra-putri tercinta hingga hutan homogen yang dikenal dengan “Area Super Sejuk”.

Inilah salah satu tempat yang paling digemari para wisatawan saat berkunjung di Taman Bukit Bougenville, yakni hutan homogen. Kawasan ini disebut dengan Area Super Sejuk karena di kawasan ini dipenuhi dengan rerimbunan pohon gaharu. Jadi tidak salah apabila hutan homogen ini dijuluki Area Super Sejuk. Di lokasi ini selain bisa menikmati udara yang super sejuk, para wisatwan juga bisa memanfaatkan keindahan hutan homogen ini sebagai tempat untuk foto pre-weeding atau foto bersama sanak keluarga, sahabat tercinta.

Selain dapat menikmati tanaman hias, di Taman Bukit Bougenville ini juga terdapat kebun buah. Tanaman buah yang berada di lokasi ini merupakan jenis buah-buahan yang sering dijual para pedagang di Singkawang. Saat berkeliling ke kebun buah ini, para wisatawan dapat menemui koleksi tanaman buah, seperti durian, rambutan, belimbing dan alpukat.

Nah, setelah berkeliling Taman Bukit Bougenville ini, bagi para wisatawan yang memiliki hobi menanam bunga atau sekedar mengkoleksi bunga, bisa membeli langsung bibit bunga yang tersedia di rumah kaca taman ini. Harga bibit bunga tersebut bervariasi tergantung jenis bunga yang ingin dibeli. Wahh asyik ya, sambil jalan-jalan bisa menambah koleksi bunga di rumah sekaligus.

Akses ke Taman Bukit Bougenville

Pilih penerbangan dengan tujuan ke Bandara Supadio, Pontianak. Dari bandara, bisa menyewa kendaraan darat untuk menuju Kota Singkawang dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Setibanya di Kota Singkawang, lanjutkan perjalanan ke arah selatan sejauh sekitar 6 km menuju Desa Sijangkung tempat dimana Taman Bukit Bougenville berada dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Jam Buka

Taman Bukit Bougenville ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-21.00 WITA.

Biaya Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke kawasan wisata ini relatif terjangkau yakni Rp 10.000 per orang.

Sumber : utiket.com