Kamis, 04 September 2014

Taman Nasional Gunung Palung Pontianak Indonesia



Tentang Taman Nasional Gunung Palung

Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) merupakan salah satu taman nasional yang terlengkap di antara taman-taman nasional di Indonesia. TNGP terletak di Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara, Propinsi Kalimantan Barat. Taman nasional ini berada di ketinggian 900-1.116 mdpl dan diresmikan pada tanggal 24 Maret 1990.

TNGP mempunyai luas sekitar 90.000 hektar dan membentang dari Kecamatan Matan Hilir Utara, Sukadana, Simpang Hilir, Nanga Tayap dan Sandai. Berikut beberapa keaneka ragaman hayati yang terdapat di TNGP :
  • Ekosistem : hutan rawa, rawa gambut, hutan rawa air tawar, hutan mapah tropika, hutan mangrove, hutan pegunungan.
  • Flora : jelutung, ramin, damar, pulai, rengas, kayu ulin, tanaman bakau, kendeka dan berbagai tanaman obat. Terdapat flora unik yaitu anggrek hitam yang dapat dilihat di Sungai Matan dan biasanya hanya mekar selama 5-6 hari pada bulan Februari-April tiap tahunnya.
  • Fauna : beberapa primata (orang utan, bekantan, beruk, owa, kelasi), 200 jenis burung, beruang madu, kukang, kijang, kancil, bajing tanah bergaris empat, ayam hutan, rangkong badak, enggang gading, kura-kura gading, penyu tempayan, buaya siam dan tupai kenari.

Wilayah ini juga merupakan salah satu kawasan konservasi bagi orang utan di Indonesia dan menjadi habitat bagi 10% dari populasi orang utan yang hidup di dunia atau sekitar 2.200 ekor orang utan. Untuk berkunjung ke TNGP sebaiknya antara bulan Juni-September setiap tahunnya.

Selain keaneka ragaman hayati yang ada di taman nasional ini, kamu juga bisa menikmati obyek wisata lainnya yang ada kawasan Taman Nasional Gunung Palung ini, diantaranya :
  • Pantai Pulau Datok dan Bukit Lubang Tedong : merupakan wisata bahari yang menarik untuk kamu kunjungi.
  • Gunung Palung dengan ketinggian 1.116 mdpl dan Gunung Pantai dengan ketinggian 1.050 mdpl : di sini kamu bisa menikmati pendakian, air terjun, pengamatan flora fauna dan berkemah.
  • Cabang Panti : merupakan pusat penelitian yang berada di sisi barat kaki Gunung Palung dan didirikan pada tahun 1985 dengan fasilitas stasiun penelitian, wisma peneliti dan perpustakaan.
  • Kampung Baru : merupakan area pengamatan bekantan.
  • Sungai Matan dan Sungai Simpang : kamu bisa menyusuri sungai sambil mengamati situs purbakala dan melakukan pengamatan satwa.

Tak usah khawatir tersesat di kawasan taman nasional ini, karena akan ada pemandu wisata yang menemanimu menjelajahi taman nasional ini.

Akses ke Taman Nasional Gunung Palung

Jalur pertama : dari Kota Pontianak kamu bisa menuju Ketapang menggunakan pesawat dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam atau menggunakan Express Boat dengan waktu tempuh sekitar 6 jam. Lalu dari Ketapang kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Teluk Melano menggunakan minibus dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Kemudian dari Teluk Melano kamu akan menuju ke TNGP menggunakan Long Boat dengan waktu tempuh sekitar 6 jam.

Jalur kedua : menggunakan Express Boat dari Pontianak menuju Teluk Batang dengan waktu tempuh sekitar 4 jam. Dari Teluk Batang dilanjutkan menuju Teluk Melano menggunakan minibus dengan waktu tempuh sekitar 1 jam kemudian lanjut menggunakan Long Boat menuju TNGP dengan waktu tempuh sekitar 6 jam.

Biaya Tiket Masuk

Untuk dapat masuk ke TNGP kamu dikenakan tiket seharga Rp. 1.000/orang untuk wisatawan domestik dan Rp. 10.000/orang untuk wisatawan mancanegara. Bagi kamu yang berkunjung ke kawasan taman nasional ini dan membawa kamera maka kamu perlu membayar biaya lagi, Rp 2.500 untuk kamera photo atau Rp 25.000 untuk kamera video.

Sumber : utiket.com