Rabu, 22 Oktober 2014

Gua Terbesar di Dunia



Gua diambil dari kata Guha yang berasal dari bahasa Sansekerta. Gua merupakan sebuah lubang atau lorong yang berukuran cukup besar yang bisa terbentuk dari proses alam maupun buatan manusia. Nah, saat ini untuk gua terbesar yang ada di dunia bernama Gua Son Doong yang namanya berarti Gua Sungai Gunung. Gua ini terletak di Taman Nasional Phong Nha Ke Bang, Provinsi Quang Binh, Vietnam.

Gua ini dinyatakan sebagai gua terbesar di dunia karena memiliki lebar lebih dari 200 meter, dengan ketinggian sekitar 150 meter dan panjang lebih dari 9 kilometer. Bahkan ketinggian dinding gua ini dapat menampung gedung setinggi 40 lantai. Gua ini mengalahkan rekor gua terbesar di dunia yang sebelumnya dipegang oleh Gua Deer Cave yang ada di Malaysia, menurut National Geographic

Gua Son Doong ditemukan pertama kali oleh penduduk setempat pada tahun 1991. Mereka hanya sampai di mulut gua namun tidak berani turun ke bawah. Baru pada tahun 2009, beberapa peneliti gua dari Inggris berhasil menjelajahi Gua Son Doong.

Gua ini masih sangat alami. Untuk mencapainya, peneliti harus berjalan selama enam jam serta harus melewati 8 hingga 10 kilometer kawasan hutan. Di dalam gua ini terdapat sungai, air terjun serta hamparan hutan berwarna hijau yang luas. Beberapa monyet terlihat saling berlompatan di hutan itu. Aliran sungai di dalam gua ini cukup cepat dan kencang. Bahkan terdapat stalagmit raksasa yang berukuran lebih dari 230 meter serta sekitar 150 jaringan gua kecil. Siapa sangka gua ini mempunyai keindahan alam yang luar biasa indah.

Sumber : utiket.com