Jumat, 16 Januari 2015

Candi Borobudur



Jl. Badrawati, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553 Indonesia, Phone: (0293) 788 266

Introduksi

Candi Borubudur terletak di 15 km sebelah selatan Gunung Tidar atau kira-kira 40 km sebelah utara kota Yogyakarta. Konon candi ini dibangun oleh Raja Samaratungga, salah satu raja kerajaan Mataram Kuno dan merupakan candi terbesar di abad ke-9Candi ini memiliki 1460 relief dan 504 stupa di kompleknya. Borobudur berbentuk punden berundak terdiri dari 10 tingkat. Tingginya sekitar 42 meter sebelum direnovasi dan 34,5 setelah direnovasi. Dan setiap tingkatan melambangkan tahapan kehidupan manusia.

Bangunan terdiri dari 4 bagian. Bagian pertama disebut Kamadhatu (melambangkan manusia yang masih terikat dengan nafsu), empat tingkat di atasnya disebut Rupadhatu (melambangkan manusia yang sudah terbebas dari nafsu tapi masih terikat rupa dan bentuk) dan tiga tingkat di atasnya lagi disebut Arupadhatu (melambangkan manusia yang sudah tidak terikat dengan nafsu, rupa dan bentuk), sedangkan yang paling atas disebut Arupa (melambangkan nirwana tempat Sang Budha bersemayam).

Fasilitas

Fasilitas di kawasan candi sangatlah baik meliputi: area parkir yang luas, toilet umum, berbagai museum, tempat ibadah, dan banyaknya kios cindera mata sampai hotel di dalam kawasan candi Borobudur.

Akses ke Candi Borobudur

Untuk menuju ke Borobudur dari kota Yogyakarta anda dapat naik Trans Jogja jalur 2A menuju ke terminal Jombor tiketnya hanya Rp 3.000 per orang. Turun dari halte Jombor anda dapat naik bis jurusan Jombor - Borobudur dan harganya sekitar Rp 10.000 per orang.

Biaya tiket masuk

Biaya masuk ke Borobudur pun hanya Rp 30.000 per orang.

Sumber : utiket.com