Friday, January 9, 2015

Pantai Puru Kambera Waingapu Indonesia



Introduksi

Pantai ini terletak di Desa Mondu, Kecamatan Haharu, Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Lokasinya berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat kota Waingapu, ibukota Kabupaten Sumba Timur. Hamparan pasir pantai ini berwarna putih dengan air laut yang berwarna biru menggoda. Di sepanjang bibir pantai membentang pula hamparan pohon cemara yang hijau nan rindang. Berteduh di bawahnya, disertai hembusan angin sepoi-sepoi dan pemandangan pantai merupakan kenikmatan tersendiri di pantai ini. Ombak pantai ini juga relatif tenang dan tidak terlalu besar, sehingga bisa pula untuk bersnorkeling. Waktu yang tepat untuk bersnokeling adalah saat pagi hari yakni ketika air laut sedang surut.

Fasilitas

Pantai ini memang tak seramai pantai-pantai lain yang ada di kawasan Waingapu seperti Pantai Londa Lima misalnya. Pantai Puru Kambera masih sepi pengunjung. Jadi sangat cocok bagi Anda yang mendambakan ketenangan saat berlibur. Namun sayangnya Pantai Puru Kambera belum dikelola oleh pemerintah daerah setempat ataupun pengusaha. Hampir tidak ada penduduk di sekitar kawasan pantai ini. Begitu juga dengan rumah makan. Hanya ada beberapa penginapan saja yang dikelola oleh koperasi. Jangan lupa juga untuk membawa bekal makanan dan minuman bila akan berkunjung ke sini.

Akses ke Pantai Puru Kambera Waingapu

Lokasinya berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat kota Waingapu dan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewa. Waktu tempuhnya sekitar satu jam perjalanan. Rutenya dari Waingapu bisa langsung menuju ke Desa Mondu. Tidak ada angkutan umum yang menuju ke tempat ini. Sepanjang perjalanan, Anda akan menjumpai pemandangan berupa savana yang berwarna hijau dan beberapa kuda yang sedang merumput.

Sumber : utiket.com

No comments:

Post a Comment