Selasa, 27 Januari 2015

Gunung Berapi Purba Nglanggeran Yogyakarta Indonesia



Introduksi 

Satu lagi tempat wisata menarik di Gunung Kidul, Yogyakarta. Gunung Api Purba Nglanggeran namanya. Terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Pathuk atau sekitar kawasan Baturagung, bagian utara Kabupaten Gunung Kidul. Menurut penelitian, Gunung Nglanggeran puluhan juta tahun lalu adalah gunung api yang aktif, namun sekarang gunung ini sudah tidak aktif lagi. Litologinya disusun oleh material vulkanik tua dengan bentang alam yang sangat indah. Secara geologi gunung api purba ini cukup mempesona dengan nilai ilmiahnya yang tinggi. Gunung Nglanggeran sangat cocok untuk pecinta panjat tebing, tracking, jelajah wisata maupun untuk berkemah.

Gunung Nglanggeran memiliki dua puncak gunung. Puncak yang pertama mempunyai ketinggian sedang dan mudah untuk didaki. Pengunjung hanya perlu berjalan kaki melewati rute yang terjal selama kurang lebih sekitar 30-45 menit dengan melewati celah antara dua bukit batu yang sempit menggunakan tangga kayu. Jalurnya cukup pendek dan tidak memakan waktu lama. Sedangkan untuk puncak kedua bernama puncak Gunung Gede. Puncak ini merupakan puncak Gunung Nglanggeran yang tertinggi.

Mendaki puncak kedua membutuhkan waktu yang lebih lama. Medannya pun tidak mudah serta jarak tempuhnya cukup jauh. Namun semua akan terbayar jika Anda sudah berada di puncak gunung. Karena pemandangan dari atas Gunung Nglanggeran sangat indah dan eksotis. Di sini sangat cocok untuk berkemah. Pada malam hari saat cuaca cerah, bintang di langit akan terlihat kemerlip dan lampu-lampu yang ada di wilayah Yogyakarta akan terlihat jelas.

Satu lagi pemandangan yang tak boleh terlewatkan adalah sunset Gunung Nglanggeran yang mempesona. Gunung Nglanggeran ini juga merupakan tempat favorit untuk melakukan rock climbing atau panjat tebing batu. Bagi Anda para pencinta alam dan penyuka tantangan tentu harus mencoba merasakan puncak Gunung Berapi Purba ini.

Akses ke Gunung Berapi Purba Nglanggeran Yogyakarta

Untuk menuju lokasi sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewa karena tidak ada angkutan umum yang sampai ke lokasi. Ada beberapa jalur yang bisa dilalui :

Jalur pertama dari arah Wonosari.

Pengunjung bisa melewati Bunderan Sambipitu, kemudian menuju ke arah Dusun Bobung dan langsung menuju ke arah Desa Nglanggeran.

Jalur kedua dapat melalui Yogyakarta.

Dari Yogyakarta setelah melalui Bukit Bintang Pathuk, Radio GCD FM, perjalanan kemudian dilanjutkan menuju ke arah desa Ngoro-oro. Setelah itu langsung menuju ke Desa Nglanggeran.

Sumber : utiket.com