Minggu, 31 Januari 2016

Candi Tanjungpura Banjarmasin Indonesia



Introduksi 

Satu lagi warisan budaya yang penelitiannya belum tuntas, yaitu Candi Tanjungpura terletak di desa Negeri Baru yang terkenal dengan nama benua lama, di Kecamatan Benua Kayong Kabupaten Ketapang.

Letak Candi ini di pinggir sungai pawan. Penelitian Candi Tanjungpura di lakukan oleh Balai Arkeologi (Balar) Banjarmasin dan telah berhasil menyingkap beberapa temuan. Namun demikian penemuan ini masih dalam tahap awal, masih banyak misteri yang belum terungkap. Situs ini diduga merupakan Candi Tanjungpura Kuno. Nama Tanjungpura merupakan nama sementara, karena dari hasil penelitian belum diketahui.

Struktur bangunan Candi Tanjungpura yang berbahan batu bata merah dan dapat dilihat adanya arca dan relief pada dinding pintu masuk. Terdapat beberapa temuan yaitu lumpang (lesung) dari bahan batu andesit berukuran 40 cm dan di yakini merupakan peralatan rumah tangga masyarakat Tanjungpura. Temuan lain adalah terdapat dasar lingga yang bersegi lima, yang menjadi ciri dari Lingga. Candi Tanjungpura diduga sebagai pusat asal mula Kerajaan Tanjung Pura purba yang dahulu pernah berjaya pada abad ke 13-14. Melihat dari bentuk dan struktur candi yang terbuat dari bata merah ini , Candi Tanjungpura mirip dengan candi-candi yang ada di Jawa Timur. Selain itu terdapat pula makam muslim yang juga mirip dengan makam-makam muslim di Troloyo di trowulan ibukota Majapahit Kuno yang berdiri di abad ke 13 atau 14.

Sumber : utiket.com