Friday, November 14, 2014

Taman Jurug Jalan Insinyur Sutami Indonesia



Introduksi

Seperti kota-kota besar lainnya, di Solo juga terdapat kebun binatang yang asyik untuk Anda kunjungi apalagi jika membawa serta si buah hati. Anda bisa mengenalkan beragam jenis satwa di Taman Jurug Solo. Kebun binatang ini memang dahulunya terletak di Taman Sriwedari, salah satu tempat wisata yang juga ada di Solo. Namun karena adanya pemugaran besar-besaran akhirnya Taman Jurug dipindahkan ke lokasi baru yang ada di pinggir Sungai Bengawan Solo, tepatnya di Jalan Ir. Sutami yang merupakan jalan utama penghubung Yogyakarta-Surabaya. Dengan pindahnya lokasi diharapkan para wisatawan lebih mudah untuk mengunjunginya. Sampai sekarang Taman Jurug terus melakukan pengembangan dengan menata tata ruang yang lebih baik serta menambah koleksi binatangnya.

Taman Jurug dibangun diatas lahan seluas 14 hektar dan mempunyai koleksi binatang yang cukup banyak sekitar 200 ekor lebih. Memasuki pintu gerbang Taman Jurug, Anda akan disambut oleh pepohonon rindang yang menjadikan suasana teduh dan nyaman. Di Taman Jurug ini Anda bisa berkeliling sambil melihat beraneka satwa. Atau jika Anda berani bisa juga mencoba pengalaman baru dengan menaiki gajah atau kuda yang ada di kebun binatang ini. Di sini juga terdapat sebuah monumen yang dibuat sebagai bentuk penghargaan terhadap maestro keroncong di Indonesia yang terkenal dengan lagu Bengawan Solo yaitu Monumen Gesang. Di monumen ini terdapat sanggar yang sering sering digunakan untuk pentas seni musik keroncong pada hari Minggu yang bisa disaksikan oleh pengunjung.

Yang unik di Taman Jurug ini ada seekor orang utan bernama Tori yang mempunyai kebiasaan aneh yaitu merokok. Tori sudah berumur 15 tahun dan selama 10 tahun sudah menjadi perokok aktif. Tori menjadi perokok karena ulah tidak bertanggung jawab dari pengunjung yang dengan sengaja membuang puntung rokok ke kandang Tori. Sejak itu Tori kecanduan rokok. Saat Tori ingin merokok dia akan mengangkat kedua jari ke mulut dan permintaan ini harus dituruti jika tidak dia akan mengamuk dan melempar semua benda yang ada didekatnya. Kebiasaaan merokok Tori sangat disayangkan karena bisa mengganggu kesehatannya. Untuk itu pihak kebun binatang pun mengajak COP (Centre for Orangutan Protection) untuk ikut serta memantau kesehatan dan kebiasaan Tori agar kebiasaaannya bisa segera dihentikan. Bagaimana, Anda penasaran dengan Tori dan ingin berkenalan dengannya? Ayo kunjungi Taman Jurug saat Anda berada di Solo.

Akses ke Taman Jurug Jalan Insinyur Sutami

Taman Jurug yang berada dijalan utama yang menghubungkan Yogyakarta-Surabaya memudahkan wisatawan untuk mengunjunginya. Anda bisa mengunjungi Taman Jurug dengan menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan umum atau bisa juga menggunakan transportasi umum.

Dari Kota Solo jika menggunakan kendaraan umum Anda bisa menggunakan bus Damri A, bus Damri B, Sumber Rahayu, Atmo, Suryakencana A, Suryakencana B, Suryakencana E, Nusa A, Nusa B dan Solo Batik Trans yang beroperasi dari pukul 05.00-16.00 WIB. Tarifnya jauh dekat sekitar Rp 3.000.

Jam buka

Taman Jurug buka setiap hari dari pukul 08.00-17.00 WIB.

Biaya tiket masuk

Sementara untuk tiket masuk ke Taman Jurug Anda harus membayar Rp 6.000,- per orang untuk hari biasa, Rp 7.000,- per orang untuk hari libur. Sedangkan untuk anak-anak hari biasa dikenakan tarif Rp 3.000,- sedangkan hari libur Rp 4.000,-.

Sumber : utiket.com

No comments:

Post a Comment