Rabu, 27 November 2013

Traveling Bagi Remaja



Ada yang menyebut bahwa masa remaja adalah masa paling indah dan tentunya akan lebih indah jika melakukan traveling bersama teman-teman di masa remajamu. Keinginan dan kebutuhan traveling bagi remaja memang sering kali berbeda dengan orang dewasa. Sifat remaja yang masih labil terkadang bisa merusak momen seru saat traveling bersama. Untuk itu ada beberapa hal yang harus dipersiapkan saat kamu akan melakukan perjalanan traveling bersama  teman-teman:

Selalu minta izin orang tua

Izin dan restu orang tua sangat menentukan kelancaran perjalananmu. Jadi hukumnya wajib untuk meminta ijin kepada orang tua. Jelaskan secara detail kemana dan dengan siapa saja kamu akan pergi. Ingat jangan pernah pergi tanpa ijin orang tua karena selain akan membahayakan kamu, juga akan membuat panik orang tua.

Jangan pergi sendiri

Meskipun kamu sudah merasa mandiri dan mempunyai percaya diri yang tinggi, namun tetap saja terlalu bahaya untuk traveling seorang diri. Apalgi jika kamu perempuan. Berada di tempat asing sendiri lebih menakutkan daripada yang kamu pikirkan. Akan lebih menyenangkan dan jauh lebih aman jika kamu pergi beramai-ramai bersama teman-temanmu. Usahakan dalam rombonganmu ada anak laki-laki yang sudah sangat dikenal dan bisa dipercaya untuk menjaga para remaja perempuan yang lainnya.

Tentukan tujuan dengan jelas

Semakin banyak persiapan yang dilakukan tentu saja akan lebih baik untuk perjalananmu. Jika kamu melakukan perjalanan dengan spontan tetap saja kamu harus mempunyai tujuan yang jelas. Namun akan lebih baik kamu mempersiapkan terlebih dahulu perjalananmu mulai dari tempat tujuan, transportasi, penginapan serta makanan. Dengan mempersiapkan rencana perjalananmu, kamu juga bisa menghitung perkiraan budget yang harus dikeluarkan.

Tinggalkan nomor telepon yang bisa dihubungi

Sebelum berangkat sebaiknya tinggalkan nomor telepon yang bisa dihubungi oleh orang tua serta orang terdekat. Bukan hanya nomor telepon pribadi saja yang harus kamu tinggalkan tetapi juga nomor telepon teman-teman seperjalananmu. Simpanlah nomor telepon orang tua serta orang-orang terdekat yang bisa kamu hubungi untuk memberi kabar atau meminta bantuan jika terjadi hal-hal darurat.

Bawa buku panduan jalan serta peta

Walaupun rencana perjalanan sudah matang tetapi kamu tetap membutuhkan peta serta panduan perjalanan. Peta dan buku panduan perjalanan akan sangat dibutuhkan saat kamu tersesat atau saat keadaan darurat karena dalam buku panduan perjalanan biasanya dilengkapi dengan nomor-nomor telepon penting yang bisa dihubungi saat keadaan darurat.

Selalu kabari orang tua

Memberi kabar orang tua secara berkala, beri tahu mereka dimana kamu sedang berada saat itu dan apa yang sedang kamu lakukan. Ingat, memberi kabar orang tua juga merupakan hal yang penting. Untuk itu gunakan baterai handphone dengan bijaksana. Jangan melulu menggunakan handphone untuk mengakses media sosial atau mendengarkan musik karena bisa membuat baterai cepat habis.

Jangan banyak tingkah

Tingkah laku remaja memang bermacam-macam. Masa-masa dimana semua hal terasa menyenangkan. Namun tetap ingat dimana kamu berada. Berpakaianlah yang sopan agar tidak mengundang kejahatan. Jaga juga barang berhargamu, jangan terlalu terkesan pamer jika kamu tetap ingin pada posisi aman. Hormati warga lokal dan selalu jaga perilaku. Jadilah remaja cerdas dimanapun kamu berada.

Sumber : utiket.com