Rabu, 09 April 2014

Unik : Kolam Air Soda



Mandi di air laut sudah biasa, mandi di air panas juga sudah biasa. Tapi bagaimana rasanya mandi di kolam air soda? Yups, cobalah wisata satu ini. Di Indonesia atau tepatnya di Desa Parbubu, Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara terdapat sebuah kolam air soda. Kolam air soda alami ini termasuk kejadian alam yang unik dan istimewa serta hanya ada dua di dunia. Satu terdapat di Venezuela, Amerika Selatan dan satunya lagi ada di Indonesia. 

Kolam air soda ini sering di sebut Aek Rara oleh masyarakat setempat. Sumber air soda ini pertama kali ditemukan oleh seorang bidan bernama O Tobing Sihite. Ditemukan tanpa sengaja. Jadi menurut cerita saat mencangkul, tiba-tiba keluar air dari dalam tanah. Ternyata air yang keluar berbeda dengan air pada umumnya. Rasa dan aromanya pun mirip dengan soda. Barulah pada tahun 2004 Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara menjadikan kolam air soda ini sebagai salah satu obyek wisata

Berendam di dalam air soda ini tentu berbeda dengan air biasa. Rasanya seperti menggigit di badan serta berbusa. Airnya tidak lengket dan terasa sedikit asin. Berendam di kolam air soda ini dapat membuat badan seakan lebih ringan. Tapi awas jangan sampai kena mata, karena air soda ini bisa membuat mata terasa perih. Serunya lagi kolam pemandian air soda ini berbatasan langsung dengan hamparan persawahan dan dikelilingi oleh perbukitan. Kebayang dong bagaimana asiknya berendam di air soda dengan pemandangan serba hijau yang menyejukan mata. Penasaran? Datang langsung saja ke sini, tiket masuknya juga terjangkau hanya 7.000 Rupiah. 

Akses

Obyek wisata ini berjarak sekitar satu kilometer dari pusat kota Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Selain maskapai Susi Air, belum banyak penerbangan langsung yang menuju ke rute ini. Alternatifnya bisa datang dari kota terdekat yakni Sibolga. Nah dari Sibolga bisa singgah ke kota Tarutung. Dari sini perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan darat langsung menuju ke obyek wisata. Jangan khawatir karena aksesnya jalannya cukup mudah untuk dilalui.

Sumber : utiket.com