Senin, 04 Agustus 2014

Jembatan Kahayan Palangkaraya Indonesia



Tentang Jembatan Kahayan

Jembatan Kahayan merupakan landmark / icon Kota Palangkaraya, Propinsi Kalimantan Tengah. Palangkaraya sendiri merupakan kota terluas di Indonesia dengan luas sekitar 2.678 km persegi. Jembatan Kahayan membelah Sungai Kahayan dan menghubungkan Kota Palangkaraya dengan 4 kabupaten : Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara dan Murung Jaya. Walaupun peresmian jembatan dilakukan pada tanggal 13 Januari 2002 oleh Presiden Megawati Soekarnoputri saat itu, namun pembangunan Jembatan Kahayan dimulai pada tahun 1995 dan selesai pada tahun 2001.

Jembatan sepanjang 640 m dan lebar 9 meter ini memiliki bentang busur berwarna merah sepanjang 150 m dan tinggi 36 m yang berada tepat di atas jalur pelayaran Sungai Kahayan. Selain sebagai jalur transportasi, jembatan ini juga banyak dimanfaatkan oleh warga setempat sebagai tempat hang-out di pinggir jembatan sambil melihat aktifitas di Sungai Kahayan seperti: hilir mudik nelayan yang mencari ikan, para atlet dayung berlatih di bawah jembatan ataupun hanya sekedar menikmati pemandangan Sungai Kahayan dari atas jembatan. Banyak juga pedagang yang mangkal dan menjajakan dagangannya di atas jembatan ini.

Akses ke Jembatan Kahayan 

Jembatan Kahayan bisa dijangkau dengan sangat mudah karena letaknya yang hanya sekitar 1 km dari pusat Kota Palangkaraya. Kamu bisa berjalan kaki menuju Jembatan Kahayan ini dari Kota Palangkaraya sambil menikmati pemandangan Kota Palangkaraya sepanjang perjalanan.

Sumber : utiket.com