Friday, November 7, 2014

Gerbong Kereta Api Khusus Penumpang Difabel



Salah satu terobosan baru dari PT KAI saat ini adalah dengan tersedianya fasilitas gerbong khusus untuk penumpang difabelFasilitas tersebut saat ini memang baru ada di Kereta Api Jayabaya jurusan Malang-Jakarta saja, namun secara bertahap PT KAI akan menyediakan gerbong khusus untuk penumpang difabel di semua KA Kelas Ekonomi.

Gerbong khusus untuk penumpang difabel tersebut jumlahnya ada dua gerbong, yang ditandai dengan lambang orang sedang mengendarai kursi roda. Mulai dari pintu masuk ke gerbong KA, toilet, hingga lorong pada gerbongnya didesain luas. Sehingga penumpang KA gerbong khusus difabel pun dapat masuk ke toilet dengan menggunakan kursi roda. Tak hanya gerbong khusus untuk penumpang difabel saja, rencananya PT KAI juga akan menyediakan fasilitas bagi penumpang difabel di semua stasiun. Namun hal tersebut tentunya membutuhkan proses dan akan dilakukan secara bertahap.

Fasilitas gerbong khusus untuk penumpang difabel pada KA Jayabaya jurusan Malang-Jakarta ini memang termasuk terobosan baru dari PT KAI. KA Jayabaya jurusan Malang-Jakarta pun termasuk jurusan baru, karena minat penumpang dengan tujuan Jakarta sangat tinggi. KA Jayabaya jurusan Malang-Jakarta ini baru diluncurkan secara resmi pada tanggal 18 Oktober 2014 lalu. 

Dengan adanya fasilitas gerbong khusus untuk penumpang difabel pada kereta ini, diharapkan para penumpang difabel bisa lebih nyaman dan menikmati perjalanan kereta apinya.

Sumber : utiket.com

No comments:

Post a Comment