Kamis, 13 November 2014

Grojogan Sewu Solo Indonesia



Introduksi

Wisata Grojogan Sewu (atau Air Terjun Seribu) adalah wisata alam air terjun, terletak di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Dengan ketinggian sekitar 1000 meter di atas permukaan air laut, Grojogan Sewu memiliki hawa sejuk karena berada di sebuah hutan yang masih asri dan alami di tambah dengan banyaknya pepohonan akan membuat suasana rindang dan lebih sejuk.

Berwisata di Grojogan Sewu tidak sepenuhnya menikmati keindahan air terjun dengan hawa dinginnya, namun kamu juga bisa belanja sayur ataupun buah-buahan ciri khas pegunungan yang barangkali bisa menambah alternatif wisata kamu. Di sekitar pintu masuk tempat ini juga di sediakan kuda sewaan yang bisa kamu gunakan untuk berkeliling, hanya dengan biaya Rp. 15.000 untuk sekali putaran.

Pintu masuk pertama terletak di atas, kamu harus menuruni anak tangga yang jumlahnya ratusan dan tersusun rapi,di sediakan pula gazebo di beberapa titik, untuk beristirahat sejenak sambil melihat monyet ekor panjang yang hidup dengan bebas di kawasan ini, kamu juga bisa melihat tanaman hias yang di jual di sisi jalan. Sedangkan pintu masuk kedua berada di lereng bawah.

Grojogan Sewu memang berarti Air Terjun Seribu namun bukan berarti di kawasan ini terdapat seribu air terjun, tetapi ada beberapa titik air terjun yang bisa kamu nikmati. Air terjun tertingi sekitar 80 meter, ada pula air terjun yang tidak terlalu tinggi dengan pancurannya yang meluas dan membentuk cabang-cabang.

Fasilitas

Setelah puas menikmati dinginnya air terjun utama, kamu bisa berkeliling hutan dan menikmati sejuknya udara di sana. Dengan luas sekitar 20 Ha, kawasan ini menyediakan fasilitas kolam renang bagi orang dewasa maupun anak-anak, ada pula warung yang menjual makanan dengan harga terjangkau dan yang khas dari kawasan ini adalah sate kelincinya. Beberapa penginapan juga tersedia di sekitar kawasan ini.

Akses ke Grojogan Sewu

Untuk dapat menuju ke Air terjun Seribu, sangatlah mudah meski jalan yang di lalui curam, banyak kelokan tajam serta disamping kanan dan kiri masih banyak terdapat jurang. Dari terminal Tawangmangu di lanjutkan dengan naik angkot sekitar 800 meter, sedangkan jarak antara pintu masuk dengan jalan raya utama hanya sekitar 200 meter.

Biaya tiket masuk

Harga tiket masuk sebesar Rp 6.000, dan ada dua loket pintu masuk untuk menuju Air Terjun Seribu.

Sumber : utiket.com