Minggu, 18 Januari 2015

Candi Prambanan




Introduksi 

Candi Prambanan merupakan peninggalan kebudayaan Hindi terbesar di Indonesia, Candi Prambanan memiliki pesona keindahan tersendiri sebab selain tata letaknya yang menakjubkan Candi Prambanan juga menyimpan kisah sejarah dan legenda yang sangat menarik dan unik dengan latar belakang kisah percintaan maka dari itu Candi Prambanan patut di kunjungi wisatawan.

Candi Prambanan terletak tepat di tepi jalan raya sekitar 17 km dari Yogyakarta menuju Solo, untuk itu Candi Prambanan merupakan obyek wisata andalan. Karena letaknya yang sangat strategis dan mudah di jangkau dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Candi Prambanan merupakan kompleks karena di kawasan ini tidak hanya terdapat satu candi, namun tiga candi dengan bangunan utama Candi Prambanan yang di bangun pada abad 9 M dengan arsitektur yang indah dan memiliki ketinggian sekitar 47 meter. Ketiga bangunan tersebut melambangkan Trimurti, yaitu ajaran tentang tiga dewa utama yang terdiri dari Candi Siwa (Dewa Pelebur) yang berada di tengah, Candi Brahma (Dewa Penjaga) berada di selatan dan Candi Wisnu (Dewa Pencipta) berada di utara. Sedangkan di depan terdapat tiga candi kecil yang melambangkan wahana atau kendaraan para dewa, yaitu: Candi Nandi (Kerbau) yang merupakan kendaraan bagi Dewa Siwa, Candi Angsa kendaraan bagi Dewa Brahma dan Candi Garuda yang merupakan lambang kendaraan Dewa Wisnu.

Selain mudah di jangkau, harga tiket yang relatif murah, terdapat pula museum dengan audio visual yang memutarkan film tentang ditemukannya Candi Prambanan, benda arkeolog dan perhiasan Raja Mataram Kuno.

Akses ke Candi Prambanan

Akses ke Candi Prambanan mudah di jangkau dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum seperti Bus TransJogja dengan memilih jalur 1A atau 1B, karena lokasinya persis dipinggir jalan, yaitu Jalan Raya Yogya-Solo.

Di sekitar candi terdapat kereta mini yang bisa di gunakan untuk mengelilingi kawasan candi Prambanan.

Biaya tiket masuk

Tiket sebesar Rp. 30000 untuk wisatawan lokal dan $18 untuk wisatawan asing.

Sumber : utiket.com