Friday, February 6, 2015

Pantai Jungwok Yogyakarta Indonesia



Introduksi 

Pantai ini masih berada di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta. Tepatnya terletak di Desa Jepitu Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Nama pantainya adalah Pantai Jungwok. Lokasinya sekitar satu kilometer sebelah timur Pantai WediomboPantai ini mempunyai tiga aliran sungai air tawar yang langsung menuju ke pantai. Aliran sungai air tawar tersebut seolah-olah membelah Pantai Jungwok menjadi tiga bagian. 

Suasana Pantai Jungwok masih sangat alami dan sepi, serasa pantai ini milik pribadi. Bentuk pantainya cekung dan dikelilingi oleh perbukitan yang indah. Anda bisa bermain-main air di kawasan ini. Namun ingat, jangan terlalu ke tengah. Selain itu, terdapat sebuah batu karang besar yang berada di tengah laut. Batu karang ini dikenal dengan nama Batu Topi atau Watu Topi. Di atas batu inilah, penduduk sekitar atau para pengunjung biasanya melakukan kegiatan memancing.

Hamparan pasir pantai yang berwarna putih serta birunya air laut semakin menambah daya pikat dan eksotisme pantai ini. Selain kedua hal tersebut, pantai ini juga mempunyai kekayaan biota laut. Di pantai ini Anda bisa menyaksikan ikan-ikan kecil yang terdampar di sela-sela karang laut. Lobster, alga, serta bintang laut pun juga banyak terdapat di kawasan pantai ini. Beberapa pengunjung bahkan biasanya berkemah di kawasan pantai.

Fasilitas

Karena Pantai Jungwok memiliki akses yang cukup sulit, maka tidak banyak fasilitas umum yang dapat Anda temukan. Tidak ada tempat parkir serta rumah makan. Bahkan rumah penduduk pun tidak ada. Sebaiknya Anda membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Bila ingin menginap, Anda bisa berkemah / mendirikan tenda di kawasan pantai ini.

Akses ke Pantai Jungwok Yogyakarta

Berjarak sekitar 70 km dari pusat kota Yogyakarta. Akses untuk menuju ke Pantai Jungwok masih terbilang sulit. Untuk menuju ke pantai ini, Anda dapat menggunakan kendaraan umum atau dengan kendaraan pribadi.

Dengan kendaraan umum rutenya adalah :

Dari Terminal Giwangan Yogyakarta bisa menggunakan bus yang menuju ke Terminal Wonosari (biayanya sekitar Rp 6.000). Dari Terminal Wonosari dilanjutkan menuju ke Pantai Wediombo dengan menggunakan ojek (biayanya sekitar Rp 20.000 atau sesuai kesepakatan dengan pengemudi).

Sedangkan bila menggunakan kendaraan pribadi rutenya adalah :

Dari pusat kota Yogyakara - Wonosari - Semanu - Jepitu - Pantai Wediombo. Sesampainya di Pantai Wediombo, Anda bisa memarkirkan kendaraan Anda di area Pantai Wediombo dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar satu kilometer untuk dapat mencapai bibir Pantai Jungwok.

Selama perjalanan Anda disuguhi oleh panorama alam yang mengagumkan. Jangan khawatir, rasa capek selama berjalan kaki akan terbayarkan oleh keindahan Pantai Jungwok yang masih alami.

Biaya tiket masuk

Tiket masuk ke kawasan pantai ini sudah termasuk tiket masuk ke kawasan Pantai Wediombo, yakni Rp 5.000 per orang.

Sumber : utiket.com

No comments:

Post a Comment