Wednesday, August 21, 2013

Membatalkan atau Merubah Tiket Pesawat Yang Telah Dibeli


Melakukan perjalanan menggunakan pesawat mungkin sudah menjadi hal yang biasa untuk Anda. Melakukan pembookingan tiket baik secara online maupun langsung pasti hampir semua dari Anda sudah bisa. Namun terkadang masih sedikit yang tahu bagaimana cara melakukan pembatalan tiket pesawat yang telah kita beli. Banyak hal yang tidak bisa kita prediksi. Adakalanya rencana kita untuk berpergian gagal karena satu dua hal sehingga kita bingung sendiri bagaimana dengan tiket pesawat yang terlanjur kita beli? Apakah tiket tersebut masih bisa dikembalikan dan uang kita pun masih bisa kembali? Untuk menjawabnya kita harus lihat beberapa kemungkinan yang bisa terjadi. Ada beberapa hal yang menjadi alasan pembatalan tiket pesawat antara lain:

Rencana Perjalanan Berubah

Jika hal ini terjadi, Anda bisa memilih alternatif untuk merubah jadwal keberangkatan pada tiket pesawat yang sudah terlanjur Anda beli. Namun untuk merubah jadwal keberangkatan tersebut ada beberapa syarat yang juga harus Anda penuhi. Pertama, perubahan jadwal tiket masih dalam waktu validitas tiket tersebut artinya Anda melakukan penggantian waktu penerbangan baru tidak boleh terlalu jauh jangka waktunya dengan jadwal penerbangan sebelumnya. Yang kedua, mengingat harga tiket selalu berubah-ubah dari waktu ke waktu, jika terjadi selisih harga antara harga lama dan harga baru maka Anda wajib membayar selisih harga tersebut. Yang ketiga, yaitu biaya administrasi. Anda mungkin akan dikenakan biaya administrasi. Untuk jumlahnya, ada kemungkinan di setiap maskapai berbeda-beda karena ini merupakan kebijakan masing-masing maskapai.

Anda Membatalkan Rencana Perjalanan

Jika hal ini terjadi, tiket yang sudah terlanjur Anda beli bisa Anda uangkan kembali (refund).  Refund tiket juga harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Syarat dan ketentuan masing-masing maskapai berbeda, jadi ada baiknya Anda langsung menghubungi maskapai atau tempat Anda melakukan pembelian tiket. Ketika Anda melakukan pembelian tiket, maka secara otomatis Anda juga telah bersedia mematuhi segala macam aturan maskapai sebagai pihak yang telah menerbitkan tiket tersebut. Untuk itu sebaiknya sebelum Anda melakukan pembayaran, Anda mencari tahu dulu peraturan apa saja yang berlaku agar Anda tidak merasa dirugikan.

Delay Terlalu Lama Atau Pembatalan Penerbangan Oleh Maskapai

Kondisi seperti ini pasti bisa terjadi mungkin karena cuaca yang buruk sehingga maskapai membatalkan penerbangan Anda ataupun karena kesalahan teknis dari maskapai sehingga menyebabkan delay yang terlampau lama dan Anda memutuskan untuk melakukan pembatalan penerbangan. Jika alasan pembatalan penerbangan karena hal diatas maka hal yang harus Anda lakukan yaitu menghubungi maskapai bersangkutan sehingga uang Anda bisa kembali sebesar harga tiket yang telah dibayarkan.

Sebagai catatan, jika Anda ingin melakukan perubahan jadwal penerbangan Anda ataupun melakukan pembatalan penerbangan, maka ada baiknya dilakukan maksimal 2x24 jam sebelum waktu keberangkatan. Karena semakin lama maka biaya administrasi yang harus Anda bayarkan semakin banyak. Tidak semua tiket pesawat bisa di refund maupun diganti jadwal penerbangannya karena untuk tiket pesawat promo biasanya ada kebijakan tersendiri.

Sumber : utiket.com

No comments:

Post a Comment