Friday, September 6, 2013

Tips Aman Transaksi Online


Meningkatnya bisnis online di Indonesia tentu saja berbanding dengan meningkatnya aksi kejahatan yang akan merugikan banyak pihak serta memperburuk citra bisnis online itu sendiri. Untuk itu, Anda dituntut waspada dan konservatif dalam melakukan setiap transaksi, karena bagaimanapun juga Anda berada di dunia maya. Dunia yang tidak mengenal tatap muka dan batasan wilayah dan di sinilah azas kejujuran sangat dibutuhkan. Sebagai customer kita dituntut untuk teliti dan mawas diri dalam bertransaksi. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam Transaksi Online:

Perhatikan Contact Person Admin.

Apabila Nomer Admin adalah pengguna Kartu Pra Bayar maka anda harus konservatif dan sebaliknya jika Nomer Admin adalah pengguna Kartu Pasca Bayar berarti Admin sangat menghargai sikap skeptis Anda sebagai seorang customer (jika anda punya waktu sebaiknya menggunakan system Cash On Carry).

Perhatikan Nama Pada Rekening Admin.

Bila lebih dari 1 Akun Bank, Pastikan bahwa Nama Pemilik Rekening sama dengan semua Nama di Akun Bank tersebut. 

Pastikan anda cek kembali Kode Booking yang diberikan oleh Admin.

Kode Booking bisa di cek melalui box panel yang ada di sebelah kanan bawah atau bisa juga melalui telepon kantor maskapai yang ada di kota anda.

Mengecek Apakah Website Tersebut Domain Yang Terdaftar Atas Nama Admin

Transaksi melalui online wajib bagi anda untuk mengecek apakah website tersebut domain yang terdaftar atas nama Admin. Ini tandanya mereka punya modal sendiri dan lebih serius untuk mengelola bisnis online. (Saat ini banyak yang mengatas namakan travel padahal mereka sendiri hanya PPOB yang merangkap sebagai agen penjualan tiket).

Menggunakan System Pembayaran EsCrow, Seperti PayPal.

Sistem Escrow memanfaatkan pihak ke-3 dalam bertransaksi sehingga customer akan lebih aman dalam melakukan transaksi.

Dengan mempelajari banyak tips aman bertransaksi online lainnya, semoga menjadikan kita semakin konservatif (berhati-hati). Dan pada akhirnya sisi negatif dari dunia maya akan hilang dengan sendirinya. Sehingga dengan demikian, kita akan mendapatkan kepercayaan dari customer.

Sumber : utiket.com

No comments:

Post a Comment