Monday, September 23, 2013

Tips Menjaga Keselamatan Selama Penerbangan


Kecelakaan pesawat yang terjadi belakangan ini, tentu membuat Anda ketakutan atau sedikit trauma untuk melakukan perjalanan menggunakan pesawat. Musibah memang bisa terjadi dimanapun dan kapanpun, tidak pernah bisa dihindari. Namun bagi Anda yang masih juga merasa ketakutan menggunakan pesawat ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memperkecil kemungkinan Anda mengalami kecelakan pesawat:

Gunakan Penerbangan Langsung

Kecelakaan pesawat  banyak terjadi saat lepas landas maupun mendarat. Untuk mengantisipasi hal itu Anda bisa memilih penerbangan langsung, bukan penerbangan transit. Penerbangan transit akan memerlukan dua kali lepas landas dan mendarat. Dengan memilih penerbangan langsung Anda bisa mengurangi peluang mengalami kecelakaan pesawat.

Pilih Pesawat Besar

Pilih pesawat yang mempunyai kursi penumpang lebih dari 30 kursi atau pesawat yang mempunyai ukuran jauh lebih besar. Pesawat dengan kursi penumpang lebih dari 30 kursi dirancang dan disertifikasikan dalam peraturan yang cukup ketat sehingga keamanannyapun lebih terjamin.

Perhatikan Demo Keselamatan Dari Petugas

Meskipun terlihat membosankan karena informasinya sering diulang-ulang, namun demi keselamatan ini sangat penting untuk Anda ketahui secara detail. Jadi, jangan pernah sepelekan demo petunjuk keselamatan ini mengingat kondisi tiap pesawat juga berbeda, contohnya pintu darurat pesawat posisinya berbeda antara satu pesawat dengan pesawat lainnya.

Taruh Barang Berat di Bagasi Pesawat

Jangan taruh barang-barang berat di kabin pesawat. Gunakanlah bagasi pesawat. Barang berat yang ditaruh di kabin akan membahayakan Anda jika pesawat terjadi goncangan berat karena bisa menjatuhi kepala Anda.

Jangan Bawa Barang Berbahaya

Banyak barang yang tidak boleh dibawa ke dalam pesawat dan sebaiknya Anda membaca terlebih dahulu tentang daftar barang-barang apa saja yang dilarang dibawa ke dalam pesawat. Jika maskapai yang akan Anda naiki melarang Anda membawa barang itu sebaiknya patuhi dan tinggalkan barang yang dilarang demi keselamatan Anda dan penumpang lainnya.

Selalu Gunakan Sabuk Pengaman

Sabuk pengaman merupakan salah satu alat pengaman yang ada di pesawat. Untuk itu Anda harus terus memakainya ketika Anda duduk di kursi penumpang pesawat. Sabuk pengaman juga bisa membantu jika turbulensi terjadi.

Jangan Minum Alkohol Terlalu Banyak

Hindari minum alkohol ketika Anda sedang dalam perjalanan di dalam pesawat. Terlalu banyak minum alkohol akan membuat Anda tidak bisa mengendalikan pikiran Anda. Bertengkar dengan penumpang lain saat Anda mabuk juga bisa memicu kecelakaan.

Sumber : utiket.com

No comments:

Post a Comment