Sabtu, 09 November 2013

Tanah Lot Bali, Indonesia


Tentang Tanah Lot

Wisata Tanah Lot terletak di Desa Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, sekitar 13 km barat Tabanan, Bali. Disebelah utara Pura Tanah Lot terdapat sebuah pura yang terletak di atas tebing yang menjorok ke laut. Tebing ini menghubungkan pura dengan daratan dan berbentuk seperti jembatan.

Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam. Konon Pura Tanah Lot dibangun oleh seorang pendeta asal Jawa Timur yang bernama Dang Hyang Nirartha yang sedang melakukan perjalan ke timur untuk menyebarkan agama Hindhu. Pura Tanah Lot mempunyai konsep Triangga (penggambaran tubuh manusia dari kepala, badan hingga kaki), sehingga terkait dengan 2 tempat suci lainnya di Tabanan, yaitu Pura Luhur Batukaru (hilu) dan Pura Puser Tasik (madya) sedangkan Pura Tanah Lot sebagai hilirnya.

Di sebelah utara Pura, tepatnya di dalam gua bawah tebing, terdapat ular pipih beracun berwarna kuning hitam yang dikeramatkan. Konon ular tersebut dipercaya sebagai selendang Dang Hyang Nirartha yang terlepas saat sedang bertapa dan dipercaya sebagai penjaga pura. Di tempat ini pula terdapat sumber air tawar bernama Tirta Pabersihan yang biasa digunakan sebagai sarana memohon kesucian.

Di sekitar Tanah Lot banyak ditemukan bermacam-macam art shop serta berbagai resort mahal seperti Le Meredien dengan fasilitas lapangan golfnya. Juga akan ditemukan banyak penjual cinderamata khas Bali yang cukup unik di sepanjang area parkir.

Sumber : utiket.com