Rabu, 05 November 2014

Cantiknya Telaga Warna Yogyakarta Indonesia



Tentang Cantiknya Telaga Warna

Telaga Warna terletak di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 25 km dari pusat kota Wonosobo atau sekitar 114 km dari pusat kota Yogyakarta. Telaga ini cukup terkenal dan merupakan wisata andalan Kabupaten Wonosobo.

Letaknya berada di ketinggian kurang lebih sekitar 2.000 meter dpl. Membuat suasana di kawasan telaga ini sangat asri. Hawanya sejuk cenderung dingin dengan pemandangan hutan rimbun di sebelah kiri dan kanan jalan. Ada juga beberapa candi bercorak Hindhu yang turut menghiasi pemandangan di sekitar telaga. Tak heran banyak wisatawan yang datang ke sini, terutama saat musim liburan. Telaga Warna sendiri mempunyai air yang tenang berwarna kehijau-hijauan dan tidak ada riak sama sekali. Tak hanya itu kabut putih tipis juga turut menghiasi suasana telaga.

Konon tempat ini disebut Telaga Warna karena air di telaga ini bisa berganti-ganti warna. Kadang hijau, kadang kuning bahkan kadang berwarna-warni seperti pelangi. Fenomena alam ini memang unik. Penyebabnya adalah kandungan sulfur di dalam telaga yang cukup tinggi, sehingga sinar matahari yang mengenai permukaan telaga membuat warna air telaga tampak berwarna-warni. Bahkan terkadang terdapat letupan air yang mendidih sama seperti yang ada di kawasan obyek wisata Kawah Putih Bandung.

Telaga Warna ini memang sangat bermanfaat untuk masyarakat sekitar. Bukan hanya sebagai kawasan wisata yang bisa menambah aset daerah saja, namun masyarakat sekitar juga memanfaatkannya sebagai sumber irigasi untuk mengairi tanaman kentang yang menjadi komoditas utama di kawasan ini. Selain itu di kawasan wisata ini, terdapat beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi seperti Telaga Pengilon (yang konon digunakan untuk bercermin), Goa Sumur, Goa Semar, Goa Jaran dan Kawasan Sikidang.

Fasilitas

Biaya masuk ke kawasan Telaga Warna Sekitar Rp 20.000 per orang. Sudah termasuk untuk mengunjungi empat obyek wisata, yaitu Telaga Warna dan wisata sekitarnya. Selain itu ada juga beberapa homestay dan rumah penduduk yang bisa disewa di sekitar lokasi dengan harga yang murah. Di kawasan obyek wisata Telaga Warna tidak terdapat warung makan. Anda bisa mendapatkan beberapa warung makan di sepanjang jalan sebelum menuju ke lokasi telaga.

Akses ke Cantiknya Telaga Warna

Telaga Warna masih berada di Kawasan Wisata Dieng. Dari Yogyakarta, jaraknya sekitar 114 km. Cara termudah untuk menuju tempat ini adalah dengan mengendarai mobil pribadi atau sewa. Rutenya dari pusat kota Yogyakarta – Magelang – Wonosobo – Dieng. Waktu tempuhnya sekitar tiga jam perjalanan.

Jika ingin menggunakan transortasi umum dari Yogyakarta Anda bisa menggunakan bus jurusan Yogyakarta - Magelang. Sesampainya di Magelang pindah menggunakan bus Jurusan Magelang - Wonosobo. Kemudian dari Terminal Wonosobo perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan mini bus jurusan Wonosobo – Garung – Dieng. Sesampainya di Dieng, Anda bisa menggunakan jasa ojek menuju Telaga Warna. Total waktu tempuh bila menggunakan kendaraan umum sekitar empat jam perjalanan.

Sumber : utiket.com