Kamis, 20 Maret 2014

Lima Danau Berwarna Unik di Indonesia


Tahukah Anda bila di Indonesia ini terdapat beberapa danau dengan airnya yang berwarna unik. Penasaran? Apa saja danau berwarna unik tersebut? Nah, ini dia info beberapa danau unik tersebut : 

Danau Linow

Danau Linow yang berada di kota Tomohon, Sulawesi Utara ini menjadi salah satu danau yang terkenal setelah Danau Tondano. Danau yang terletak di dekat Proyek Tenaga Listrik Panas Bumi Lahendong ini terkenal karena warna airnya yang bisa berubah-ubah dan mampu menampilkan tiga warna sekaligus, seperti hijau, biru laut dan coklat. Hal ini disebabkan karena tingginya kadar belerang yang ada di danau ini. Namun hal tersebut justru membuat danau ini banyak diminati wisatawan

Danau Kawah Ijen

Danau Kawah Ijen terletak di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso, Jawa Timur. Danau ini tidak hanya terkenal di kalangan wisatawan lokal, namun juga wisatawan mancanegara. Danau yang berada di ketinggian sekitar 2.386 mdpl ini merupakan danau terasam di dunia dengan kadar belerang yang cukup tinggi serta memiliki air danau berwarna hijau tosca. Selain warna airnya, pemandangan dari danau ini juga sangat mempesona. 

Danau Kelimutu

Danau yang berada di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur ini merupakan danau kawah Gunung Kelimutu. Danau Kelimutu disebut juga dengan nama Danau Tiga Warna karena terdapat tiga danau kawah dimana masing-masing danau memiliki warna yang berbeda, yaitu merah, hijau dan biru. Uniknya warna air danau tersebut juga dapat berubah setiap saat. 

Telaga Warna

Telaga Warna ini berada di dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Warna air di telaga ini pun juga dapat berubah-ubah dengan beragam warna, seperti hijau, biru bahkan berwarna warni seperti pelangi. Hal tersebut disebabkan karena kandungan sulfur di dalam telaga ini cukup tinggi sehingga akan menghasilkan berbagai warna saat sinar matahari mengenai permukaan telaga. 

Danau Kawah Putih

Danau Kawah Putih merupakan danau vulkanik yang terjadi akibat letusan Gunung Patuha. Danau ini terletak di Ciwidey, sebelah selatan kota Bandung, Jawa Barat. Tanah yang berada di sekitar danau ini berwarna putih karena bercampur dengan belerang. Sedangkan air danau ini berwarna putih kehijauan yang terkadang juga dapat berubah warna.

Sumber : utiket.com