Rabu, 26 November 2014

Pantai Pintu Kota Ambon Indonesia



Introduksi

Pantai Pintu Kota terletak di Dusun Airlouw, Kecamatan Nusaniwe, Ambon, Provinsi Maluku. Jaraknya sekitar 45 menit perjalanan dari pusat kota Ambon. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang cukup populer baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Pantai ini memiliki pemandangan yang cukup indah dan termasuk jenis pantai yang berkarang dan berbatu. Di pantai ini terdapat sebuah tebing yang menjorok ke laut dan berlubang di tengahnya. Lubang tersebut uniknya berbentuk seperti sebuah pintu gerbang. Tebing dengan lubang berbentuk pintu gerbang inilah yang menjadi ikon pantai ini.

Pantai ini memang tidak terlalu luas. Sebagian pantainya banyak dipenuhi dengan karang dan bebatuan. Sebagian lagi terhampar pasir pantai yang berwarna putih kecoklatan dengan kapal-kapal kecil yang berlabuh. Meski begitu pantai ini tetap menjadi salah satu pantai favorit bagi para wisatawan. Pantai ini sering dijadikan sebagai lokasi pemotretan serta lokasi penyelaman karena memiliki pemandangan bawah laut yang cukup indah. Beberapa spot untuk snorkeling atau diving juga ada di kawasan pantai ini. Untuk menuju ke spot tersebut, para wisatawan biasanya menggunakan speedboat / perahu dari nelayan setempat.

Fasilitas

Kawasan pantai ini sudah menyediakan area parkir yang cukup luas dan nyaman. Di sekitar kawasan pantai terdapat beberapa pondokan yang bisa digunakan untuk beristirahat dan berteduh sambil menikmati keindahan pantai. Beberapa penjual makanan dan penginapan juga bisa Anda dapatkan di sekitar kawasan pantai ini.

Akses ke Pantai Pintu Kota Ambon

Akses jalan ke lokasi pantai sudah beraspal mulus. Hanya sekitar 45 menit perjalanan dari pusat kota Ambon. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum untuk menuju ke sini.

Bila menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa langsung menuju ke Desa Airlouw karena akses jalannya sudah mulus.

Bila menggunakan angkutan umum :

Dari pusat kota Ambon, Anda bisa menggunakan angkot yang berwana merah dengan jurusan yang menuju ke Desa Airlouw (angkot tersebut cirinya bertuliskan Air Louw di atas atap angkot). Tarifnya sekitar Rp 3.000 sekali jalan, mungkin sekarang sudah naik.

Sumber : utiket.com