Wednesday, December 10, 2014

Monumen Kapal Selam Surabaya Indonesia



Introduksi

Monumen Kapal Selam atau biasa disingkat dengan Monkasel, berlokasi di tepi Kali Mas, di pusat kota Surabaya. Lebih tepatnya di sebelah Plaza Surabaya yaitu berada di Jalan Pemuda No.39. Monumen ini sebenarnya adalah kapal selam sungguhan yaitu KRI Pasopati 410, salah satu armada Angkatan Laut Republik Indonesia buatan Uni Soviet tahun 1952 dengan tipe Whiskey Class. Kapal ini pernah ikut berperan dalam Pertempuran Laut Aru tentang Irian Barat dengan Belanda.

Monumen Kapal Selam di resmikan tanggal 27 Juni 1998, untuk memperingati keberanian para pahlawan Indonesia, kemudian kapal ini di bawa ke darat. Namun untuk membawa kapal selam ke tengah kota Surabaya tidaklah mudah, kapal selam tersebut dipotong menjadi 16 bagian dan selanjutnya dibawa ke area Monumen Kapal Selam kemudian dirakit kembali dan di jadikan monumen.

Ada beberapa ruangan antara lain :
  • Ruang torpedo haluan yang di lengkapi dengan 4 peluncur torpedo
  • Ruang periskop yang juga berfungsi sebagai Pusat Informasi tempur
  • Ruang Tinggal Perwira
  • Ruang ABK (Anak Buah Kapal)
  • Ruang torpedo buritan
  • Ruang listrik
  • Ruang diesel

Di antara ruang di pisah dengan pintu kedap air, di dalam ruangan hawanya cukup panas. Saat melakukan operasi, para awak kapal selam ini harus mampu menahan suhu udara yang cukup panas di dalam kapal. Meski mendapat pasokan oksigen yang cukup, namun kapal ini tidak dilengkapi pendingin udara.

Tentu mengunjungi Monumen Kapal Selam atau Monkasel bisa menjadi wisata keluarga yang mendidik. Anda dan keluarga bisa lebih tahu tentang salah satu armada laut Indonesia yang kuat yaitu kapal selam.

Fasilitas

Di Monumen Kapal Selam juga terdapat berbagai fasilitas, antara lain, kamu bisa menonton film di Video Rama yang menyajikan sejarah kapal selam di Indonesia, ataupun menikmati sajian musik di panggung terbuka pada hari sabtu dan minggu.

Terdapat tempat untuk pemutaran film yang menampilkan proses peperangan di Laut Aru. Sedangkan di pinggir Kali Mas yang juga masih di dalam area monumen kamu bisa berolahraga di jogging track yang disediakan selain itu terdapat pula kios makanan yang menyediakan berbagai macam masakan.

Akses ke Monumen Kapal Selam Surabaya

Lokasi monumen ini tidak jauh dari pusat kota Surabaya. Akses ke tempat ini sangat mudah. Bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Bila menggunakan kereta, Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 100 meter dari pintu belakang Stasiun Gubeng.

Bila menggunakan bus, dari Terminal Bungurasih, Anda bisa naik bus kota jurusan Gubeng-THR.

Jam buka

Hari Senin-Jumat : buka mulai pukul 08.00 hingga pukul 20.00 WIB. Hari Sabtu-Minggu : buka mulai pukul 08.00 hingga pukul 21.00 WIB.

Biaya tiket masuk

Tiket masuk ke monumen ini Rp 5.000 per orang.

Sumber : utiket.com

No comments:

Post a Comment