Wednesday, December 3, 2014

House of Sampoerna Surabaya Indonesia



Introduksi

Rumah tua Sampoerna terletak di pusat kota Surabaya. Tepatnya berada di Jalan Taman Sampoerna No.6, Krembangan, Pabean Cantikan, Surabaya. Bangunan ini dibangun pada tahun 1862 dan awalnya menjadi sebuah panti asuhan yang dikelola oleh Belanda. Salah satu anak yatim, Liem Seeng Tee, membeli bangunan bergaya kolonial Belanda pada tahun 1932 untuk digunakan sebagai perusahaan besar yang memproduksi rokok.

Pada tahun 2003, pada ulang tahun ke-90 perusahaan, kompleks itu dikembalikan dan sebagian berubah menjadi museum. Tetapi sampai hari ini masih sebagian bangunannya masih digunakan sebagai rumah produksi untuk pembuatan rokok paling bergengsi di Indonesia, seperti Dji Sam Soe.

Salah satu yang menarik di sini adalah untuk melihat secara langsung pembuatan rokok dengan menggunakan peralatan tradisional dan dilakukan oleh ribuan pekerja wanita yang mampu menghasilkan 325 batang rokok per jam.


Karena kombinasi unik antara bangunan bersejarah atau museum dan perusahaan produksi tradisional, House of Sampoerna dianggap sebagai salah satu tujuan utama wisata di Surabaya.

Bangunan ini terdiri dari empat bagian, yaitu auditorium utama, bagian produksi di belakang auditorium dan dua bangunan lebih kecil berfungsi sebagai tempat tinggal keluarga di sebelah barat. Samping bangunan, sedangkan bangunan di sebelah timur telah diubah menjadi tempat untuk umum seperti sebuah kafe, kios dan galeri seni. Auditorium pusat yang asli sekarang menjadi sebuah museum. Namun pabrik untuk produksi rokok Dji Sam Soe masih dilaksanakan di belakang kompleks.

Bila Anda ingin melihat produksi rokok Dji Sam Soe, sebaiknya datang pada hari biasa (Senin sampai Sabtu) sebelum jam 15:00.

Fasilitas

House of Sampoerna memiliki agenda keliling Surabaya secara gratis yang dikenal dengan nama Surabaya Heritage Track. Jadi wisatawan bisa menggunakan fasilitas bus ini untuk berkeliling Surabaya. Jadwal busnya dimulai pukul 09.00-10.00 WIB, 13.00-14.00 WIB dan pukul 15.00-16.00 WIB.

Fasilitas di House of Sampoerna lainnya adalah ruang pamer galeri seni, kafe serta kamar mandi umum.

Akses ke House of Sampoerna Surabaya

Terletak di pusat kota Surabaya, membuat akses ke tempat ini cukup mudah. Bila menggunakan bus, dari Terminal Surabaya naiklah bus dengan tujuan ke Jembatan Merah Plaza. Dari Jembatan Merah Plaza lokasi House of Sampoerna sudah terlihat, dan Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau menyewa becak.

Jam buka

Buka setiap hari (Senin-Minggu) mulai pukul 09.00-22.00 WIB.

Biaya tiket masuk

Tiket masuk gratis.

Sumber : utiket.com

No comments:

Post a Comment