Saturday, September 14, 2013

Tips Berbelanja Saat Traveling ke Luar Negeri


Traveling ke luar negeri memang sangat mengasyikkan dan tentu memberi pengalaman tersendiri untuk Anda. Berbagai hal bisa Anda lakukan di sana mulai dari mengunjungi berbagai tempat wisata, mencicipi kuliner khasnya serta yang tak ketinggalan adalah belanja. Memang benar, belanja menjadi bagian dari traveling yang tak terpisahkan. Mengunjungi tempat belanja dan belanja aneka macam souvenir juga memberi pengalaman unik tersendiri bagi Anda. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat berbelanja di luar negeri, antara lain:

Cari Info Pasar

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu mencari informasi tentang pasar-pasar dan tempat belanja di kota tersebut karena biasanya satu pasar hanya menjual satu jenis dagangan saja, misalnya pasar yang menjual buah-buahan tidak menjual aneka macam souvenir. Jadi cari tahu secara detail agar Anda bisa mencari barang yang Anda butuhkan dengan mudah.

Pelajari Bahasa Sapaan

Untuk mempermudah Anda berkomunikasi dengan pedagang, ada baiknya Anda pelajari bahasa sapaan setempat. Hal ini juga akan membuat Anda terlihat lebih akrab dengan pedagang. Pedagang pasti akan lebih menyukai kita yang berusaha memahami bahasa mereka.

Berhitung  Dasar

Pelajari bahasa tentang hitungan dasar di tempat tersebut karena tidak semua pedagang yang Anda temui bisa berbahasa Inggris. Alangkah baiknya jika Anda mempelajari bahasa hitungan dasar di negara tersebut.

Bawa Kalkulator

Kalkulator akan sangat berguna jika Anda mengalami lost in translation. Gunakan kalkulator untuk menyebutkan barang yang Anda mau, sekalipun Anda dan pedagang sama-sama tidak memahami bahasa yang digunakan.

Bandingkan Harga

Jangan terburu-buru untuk membeli suatu barang. Akan lebih baik jika Anda membandingkan harga terlebih dahulu antara satu pedagang dengan pedagang lainnya. Biasanya banyak pedagang yang menjual barang yang sama dengan harga yang berbeda-beda.

Gigih Menawar

Walaupun di luar negeri namun tetap saja pasar di mana pun pasti melakukan aktifitas tawar menawar. Jadi jangan ragu untuk melakukan tawar menawar dengan pedagang dan jangan segan-segan untuk menawar 50-70 persen dari harga yang diajukan.

Sumber : utiket.com

No comments:

Post a Comment