Selasa, 25 Februari 2014

Pulau Hoga Bau Bau Indonesia


Tentang Pulau Hoga

Pulau Hoga merupakan salah satu pulau di wilayah Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara yang disebut juga dengan nama Taman Nasional Kepulauan Wakatobi. Taman Nasional Wakatobi ini mempunyai luas sekitar 1.390.000 ha yang merupakan gabungan dari beberapa pulau. Pulau Hoga terletak di timur Pulau Kaledupa.

Di sekitar Pulau Hoga terdapat beberapa pulau kecil diantaranya Pulau Kaledupa, Pulau Tomia, Pulau Wangi-Wangi, Pulau Binongko dan Pulau Kapota. Pulau Hoga merupakan salah satu pulau wisata bawah laut terindah di dunia. Pulau ini memiliki 750 spesies koral dari sekitar 850 yang ada di dunia.

Di pulau ini Anda akan mendapatkan suasana alam yang begitu indah, dengan banyaknya pohon kelapa dan pasir putih pantainya. Anda juga dapat melakukan diving ataupun snorkeling di pulau ini. Anda bisa menikmati indahnya pemandangan bawah laut di sini tanpa harus menyelam jauh ke dalam. Terdapat sekitar 29 titik penyelaman yang tersebar di perairan Wakatobi, diantaranya Pinnacle, Karang Kaledupa di Kaledupa, table coral (karang berbentuk meja) dengan ukuran 2-3 meter dan Karang Mari Mabuk di Pulau Tomia.

Selain karang yang bergunung-gunung, Anda juga akan menjumpai banyak anemone fish atau ikan badut, ikan barracuda bahkan pygmy atau kuda laut yang berukuran kecil di pulau ini. Setidaknya ada sekitar 83 jenis ikan berwarna-warni yang akan jumpai di sini. Ada juga beberapa jenis terumbu karang yang hidup di sini diantaranya jenis karang lunak. Dan bila Anda datang di saat yang tepat Anda bisa melihat penyu bertelur di sini. Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini adalah sekitar bulan April hingga Juni atau bulan Oktober hingga Desember tiap tahunnya.

Anda tak perlu khawatir dengan penginapan karena di Pulau Hoga ini terdapat beberapa penginapan yang nyaman dan juga memadai. Biaya penginapan di sini mulai dari Rp. 100.000 per malam dan kebanyakan penginapannya terbuat dari kayu, tanpa AC ataupun kipas.

Akses ke Pulau Hoga

Untuk dapat menuju ke Pulau Hoga, Anda perlu menuju Kendari atau Bau Bau terlebih dahulu. Dari Pelabuhan Kendari 2 baru menuju Pulau Hoga dengan kapal. Lama perjalanan menuju pulau ini sekitar 15 jam. Atau Anda juga bisa berangkat dari Dermaga Wanci di Kabupaten Wakatobi. Dari dermaga tersebut Anda bisa menyewa speedboat dengan biaya sekitar Rp 150.000 dan waktu tempuh sekitar dua jam. Jadi tunggu apalagi, selamat berlibur!

Makan di Pulau Hoga

Selesai diving atau snorkeling Anda dapat menikmati masakan khas Pulau Hoga. Salah satunya adalah Perangi atau semacam sushi ala Pulau Hoga. Masakan ini berisi daging ikan laut yang sudah bersih atau tanpa darah lalu direndam dalam larutan jeruk nipis sekitar 15 menit. Anda juga bisa menikmati Kasuami. Kasuami adalah makanan khas dari Sulawesi Tenggara. Kasuami juga termasuk makanan pokok nelayan ketika mereka melaut. Kasuami terbuat dari singkong yang dihaluskan dan rasanya begitu nikmat.

Maskapai terbang ke Bau Bau



Sumber : utiket.com