Sunday, February 16, 2014

Pasar Apung Muara Kuin Banjarmasin Indonesia


Tentang Pasar Apung Muara Kuin

Di Kota Banjarmasin banyak terdapat sungai-sungai yang lebar, salah satunya Sungai Barito yang mempunyai muara Sungai Kuin yang terletak di Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan. Uniknya di muara sungai ini terdapat pasar tradisonal yang lain dari pada yang lain. Para pedagang dan pembeli di pasar ini melakukan aktivitas jual beli diatas perahu tradisional yang sering disebut jukung dalam bahasa Banjar atau perahu motor yang sering disebut klotok oleh penduduk lokal. Pasar ini sudah ada dari 400 tahun yang lalu dan masih terus terjaga sampai saat ini.

Jika Anda ingin merasakan sensasi tersendiri berbelanja sambil terapung di perahu, maka sempatkan waktu Anda untuk berkunjung ke pasar terapung ini saat Anda traveling ke Banjarmasin. Namun Anda harus bangun pagi buta untuk dapat merasakan aktivitas pasar terapung ini karena selepas subuh para pedagang sudah sibuk berkumpul bersiap menata dagangannya. Kebanyakan para penjual di sini adalah ibu-ibu. Barang dagangannya merupakan hasil kebunnya sendiri seperti sayur mayur dan buah-buahan. Jangan lebih dari jam 7 pagi jika Anda ingin berkunjung ke sini.

Mampir juga ke warung makan terapung untuk sarapan. Pesanlah menu makanan khas Banjarmasin yaitu soto banjar. Berbeda dengan soto di daerah lain, soto banjar berkuah kental dan disajikan dengan lontong yang pastinya akan menggoyang lidah Anda.

Transaksi barter masih kerap terjadi di pasar terapung ini. Jual beli tersebut dilakukan dengan cara saling tukar menukar antara penjual dan pembeli dengan komoditas yang berbeda. Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke pasar unik ini Anda bisa menyewa perahu klotok di sekitar area pasar. Pemilik perahu dengan senang hati akan mengantar Anda berkeliling. Biaya sewa perahu klotok yaitu sekitar Rp 100.000,-. Perahu ini bisa menampung sekitar 10 penumpang. Atau jika Anda menginap di salah satu hotel di Kota Banjarmasin, tanyakan ke pengelola tentang paket wisata keliling pasar apung. Biasanya pihak hotel menyediakan fasilitas ini.

Akses ke Pasar Apung Muara Kuin

Bila menggunakan perahu Klotok dari pusat Kota Banjarmasin akan memerlukan waktu sekitar 45 menit untuk menuju pasar apung. Atau bisa juga menggunakan angkutan darat dengan menempuh rute Kota Banjarmasin menuju Desa Alalak. Sesampainya di Desa Alalak Anda bisa menyewa klotok dengan tarif sekitar Rp. 70.000 untuk menuju Pasar Apung Muara Kuin.

Maskapai terbang ke Banjarmasin



Sumber : utiket.com

No comments:

Post a Comment