Friday, February 28, 2014

Gunung Kaba Bengkulu Indonesia


Tentang Gunung Kaba

Obyek wisata Gunung Kaba (atau Bukit Kaba) ini sangat cocok bagi kamu yang suka akan tantangan. Gunung Kaba berada di Bengkulu, lebih tepatnya di daerah Kecamatan Curup, Kabupaten Rejang Lebong.

Perbukitaan Kaba merupakan salah satu sentra penghasil sayur dan buah, karena tanahnya yang begitu subur sehingga hamparan warna-warni buah dan sayur bisa di lihat dari kejauhan. Gunung bukit Kaba berupa kawah gunung yang dapat menyemburkan asam dan belerang. Sepanjang perjalanan mendaki Gunung akan di banyak menjumpai satwa liar yang berada di hutan Gunung Kaba. Pengunjung gunung berapi Bukit Kaba dapat menjangkau puncak kawah dengan hiking melintasi hutan alam. 

Dari puncak gunung, kamu bisa melihat pemandangan Kota Curup, gugusan pegunungan Bukit Barisan, Bukit Bungkuk, sampai Bukit Telunjuk. Bukit Kaba merupakan gunung api kembar dengan Gunung Hitam yang telah padam. Pada puncaknya terdapat tiga buah kawah yang cukup indah untuk dinikmati. Pendakian dari kaki bukit menuju pemantang durian sekitar 4 jam perjalanan dan dari pemantang durian akan memakan waktu 2 jam untuk menuju puncak Gunung Kaba. Kamu juga bisa menikmati indahnya matahari terbit dari atas bukit. Kawah yang begitu cantik dan dikelilingi perbukitan hijau yang alami merupakan pemandangan yang tiada habisnya dalam menambah eksotisnya pemandangan di Bukit Gunung Kaba. Terdapat pula air terjun di sudut bukit yang menambah lengkap wisata alam kamu. Fasilitas tangga di lereng luar Kawah Lama memudahkan kamu untuk mencapai bibir kawah-kawah lainnya di kawasan puncak. Sumber mata air panas Air Meles ( di lereng barat daya) dan Air Sempiang (di lereng selatan) juga merupakan tempat-tempat yang potensial bagi wisata gunung api di Kabupaten Rejang Lebong.

Akses ke Gunung Kaba

Untuk menuju obyek wisata ini dapat melalui barat Bengkulu sekitar 90 km atau melalui arah timur yaitu dari Palembang melewati Kabupaten Lahat dan Lubuk Linggau menuju Curup, perjalanan di lanjutkan ke kampung bukit Kaba dan berkemah di Desa Sumber Urip (sebelah utara Gunung) sekitar 25 km.

Naik Bus: Dari Bengkulu naik angkutan umum yang menuju kota Curup Terminal Pasar Panorama (2 jam, ongkos Rp 25.000). Di Curup terus naik angkutan tujuan Desa Sumber atau Kampung Bukit Kaba (1 jam, ongkos Rp. 10.000).

Maskapai terbang ke Bengkulu



Sumber : utiket.com

No comments:

Post a Comment