Tuesday, July 8, 2014

Pulau Bunaken Manado Indonesia



Tentang Pulau Bunaken

Adalah sebuah pulau seluas 8,08 km2 di Teluk Manado, yang terletak di utara Sulawesi, Indonesia. Di pulau ini terdapat Taman Laut Bunaken yang termasuk bagian dari Taman Nasional Bunakenkeindahan Taman Laut Bunaken tidak perlu diragukan lagi. Taman Nasional ini merupakan salah satu taman laut yang memiliki biodiversitas kelautan yang tertinggi di dunia.

Salah satu yang menjadi andalan di pulau Bunaken adalah selam scuba dan secara keseluruhan pulau ini memiliki luas area 75.265 hektar dengan lima pulau didalamnya antara lain: Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage, Pulau Naen dan beberapa anak pulau dari Pulau Mantehage. Meskipun meliputi berbagai pulau namun kegiatan diving sangat dibatasi. Selain diperuntukkan diving, wisatawan juga dapat melakukan dive spot karena di Taman Laut ini memiliki 20 titik penyelaman dengan kedalaman yang bervariasi hingga 1.334 meter.

Pulau Bunaken

Dari 20 titik penyelaman tersebut 12 diantaranya berada di Pulau Bunaken, dan 12 titik inilah yang menjadi pusat bagi para wisatawan pecinta keindahan taman laut. 12 Titik penyelaman di Pulau Bunaken berjajar dari bagian tenggara sampai ke bagian barat laut pulau tersebut. Di wilayah inilah juga terdapat Underwater Great Walls yang sering disebut dengan Hanging Walls atau dinding karang raksasa yang berdiri secara vertikal dan melengkung ke atas.

Akses ke Pulau Bunaken

Untuk pergi ke Pulau Bunaken atau pulau lain dari pelabuhan Manado dapat menggunakan fasilitas dari Marina Nusantara Diving Centre (NDC) di Kecamatan Molas dan Marina Blue Banter. Dari Pelabuhan Manado dengan menggunakan perahu motor atau spead boat menuju pulau-pulau di Taman Laut Bunaken. Dan untuk pergi ke :
  • Pulau Siladen memerlukan waktu sekitar 20 menit.
  • Pulau Bunaken memerlukan waktu sekitar 30 menit.
  • Pulau Montehage memerlukan waktu sekitar 50 menit.
  • Pulau Nain memerlukan waktu sekitar 60 menit.

Akan lebih menghemat waktu jika kamu menggunakan kapal pesiar Blue Banter Marina. Untuk menuju daerah wisata di Pulau Bunaken ini hanya membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit, kamu sudah dapat menikmati keindahan Pulau Bunaken.

Sedangkan untuk menuju lokasi penyelaman dari pelabuhan Marina Nusantara Diving Centre (NDC) di pulau Bunaken dapat menggunakan spead boat dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Sumber : utiket.com

No comments:

Post a Comment