Friday, July 11, 2014

Mudik Nyaman Dengan Mobil Pribadi



Mudik lebaran ke kampung halaman sudah menjadi tradisi bagi masyarakat di Indonesia yang sedang merantau. Lebaran tanpa keluarga rasanya memang belum lengkap. Tak heran jika saat musim mudik, semua tiket transportasi umum sudah ludes terjual. Mulai dari tiket bis, tiket kereta api, tiket pesawat semua ludes diserbu para pemudik. Bahkan jasa penyewaan mobil pun sudah penuh. Untuk tiket pesawat sendiri biasanya mengalami kenaikan hingga 100% saat musim mudik tahunan. Untuk itu tak ada salahnya Anda mencoba alternatif lain untuk mudik, yaitu dengan menggunakan mobil pribadi. Mungkin memang akan lebih melelahkan apalagi tanpa supir pribadi. Namun dengan beberapa persiapan berikut mudik menggunakan mobil pribadi akan tetap terasa aman dan menyenangkan.

Cek Kondisi Mobil Anda

Pertama pastikan terlebih dahulu semua kondisi mobil dalam keadaan normal. Sempatkan waktu untuk datang ke layanan servis mobil dan pastikan semua komponennya aman terkendali mulai dari ban, rem, tune-up komplet, radiator, aki hingga tali kipas. Bawalah perlengkapan mobil selengkap mungkin, untuk berjaga-jaga jika suatu hal yang tidak diinginkan terjadi di jalan. Jangan lupa juga untuk membawa air mentah, siapa tahu radiator mobil Anda kehabisan air di jalan.

Lakukan Packing dengan Benar

Lakukan packing dengan benar. Jangan membawa barang berlebihan, karena akan merepotkan Anda di perjalanan nantinya. Atur barang sesuai dengan kebutuhan. Barang yang sekiranya akan dipakai bisa diletakkan di bagian atas agar mudah diambil nantinya.

Bawa Bekal Makanan dan Minuman

Tak ada yang tahu pasti kondisi jalan yang akan Anda lalui nanti. Saat musim mudik seperti ini tentu hampir semua jalan utama akan macet total. Bila Anda masih berpuasa dan terjebak di kemacetan sementara waktu buka telah tiba, maka bekal makanan dan minuman ini akan membantu pastinya.

Pilihan Waktu Keberangkatan

Agar perjalanan lebih nyaman, waktu berangkat juga harus diperhatikan. Berangkatlah pada pagi hari yakni sesudah sahur. Selain udaranya terasa lebih segar, jalanan juga cenderung masih sepi. Berangkat di malam hari juga bisa menjadi alternatif agar terhindar dari macet. Namun pastikan Anda memperoleh tidur yang cukup agar tidak mengantuk di jalan dan membahayakan diri sendiri.

Siapkan Kondisi Tubuh

Ini adalah hal yang paling penting untuk Anda lakukan. Pastikan tubuh Anda dalam keadaan fit. Perbanyak minum air putih dan konsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan. Jika perlu konsumsi juga multivitamin yang aman. Saat perjalanan, jangan lupa manfaatkan gadget Anda untuk memperoleh informasi terkini seputar arus mudik. Sehingga Anda tahu dimana saja titik kemacetan dan jalur alternatif yang bisa Anda pilih.

Sumber : utiket.com

No comments:

Post a Comment