Wednesday, July 2, 2014

Ranu Kumbolo Malang Indonesia




Tentang Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo merupakan sebuah danau yang terletak di Pegunungan Tengger, kaki Gunung Semeru, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Danau ini merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan berada di ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut (mdpl). Danau ini cukup cantik dengan pemandangan alamnya yang begitu mempesona. Danau ini juga berfungsi sebagai tempat transit, baik bagi para pendaki yang ingin menuju Mahameru, Puncak Semeru maupun bagi para pendaki yang turun dari Mahameru karena pada dasarnya danau ini sangat cocok sebagai tempat melepas penat sembari melihat indahnya pemandangan matahari terbit maupun matahari terbenam dari sudut danau.

Seperti telah diketahui sebelumnya bahwa danau ini merupakan bagian dari kawasan konservasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dan memiliki kekayaan hayati yang cukup besar baik flora maupun fauna. Sehingga untuk menjaga keasliannya agar tidak rusak, ada beberapa peraturan yang harus ditaati oleh para pendaki atau siapapun yang berkunjung ke danau ini, diantaranya adalah larangan berupa aktivitas yang memiliki potensi membuat kotor danau dan sekitarnya, termasuk mandi maupun berenang di danau ini bahkan penebaran ikan ke danau juga dilarang. Hal ini dimaksudkan untuk tetap menjaga keaslian ekosistem setempat.

Akses ke Ranu Kumbolo

Untuk dapat ke lokasi ini, Anda harus menempuh waktu sekitar tiga hingga lima jam perjalanan dengan berjalan kaki dari pintu masuk pendakian Gunung Semeru yang terletak di Ranu Pani. Dan bila Anda ingin melanjutkan perjalanan ke Puncak Semeru, yakni Mahameru ada beberapa jalur pendakian yang bisa Anda lalui yakni dari Ranu Pani menuju ke Ranu Kumbolo lalu ke Oro-Oro Ombo, Cemoro Kandang, Kalimati hingga akhirnya sampai ke Mahameru.

Sumber : utiket.com

No comments:

Post a Comment