Rabu, 17 Desember 2014

Danau Weekuri Tambolaka Indonesia



Introduksi

Danau ini merupakan salah satu danau terindah yang dimiliki Indonesia. Sangat eksotis dan penuh dengan keindahan. Namanya Danau Weekuri. Letaknya berada di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jaraknya sekitar 60 km dari Tambolaka, ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya.

Tidak seperti danau-danau lainnya, air di Danau Weekuri rasanya asin. Yup, karena danau ini sebenarnya merupakan sebuah laguna yang airnya berasal dari air laut. Danau ini dibentengi dengan gugusan karang yang ditumbuhi dengan tanaman berwarna hijau. Air laut dari danau ini masuk melalui sela-sela gugusan karang tersebut. Jangan kaget, air di danau ini berwarna biru kehijau-hijauan dan sangat jernih. Bahkan Anda bisa melihat dengan jelas pasir putih yang ada di dasar danau. Danau ini pun juga tidak terlalu dalam. Sangat cocok untuk berenang. Suasananya masih sangat tenang dan asri. Masih jauh dari kata ramai. Pemandangan dari atas danau pun juga sangat cantik. Sangat cocok menjadi salah satu alternatif tujuan liburan Anda.

Fasilitas

Fasilitas di danau ini masih sangat minim. Tidak ada warung makan atau hotel di sini. Sebelum berkunjung ke tempat ini sebaiknya Anda membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Bila mau menginap, Anda bisa mendapatkan penginapan di pusat kota Tambolaka.

Akses ke Danau Weekuri Tambolaka

Danau Weekuri jaraknya sekitar 60 km dari pusat kota Tambolaka. Tidak ada angkutan umum untuk menuju ke lokasi danau. Dari Tambolaka, Anda bisa menyewa kendaraan darat seperti mobil untuk menuju ke lokasi. Jalan yang menuju ke danau sebagian ada yang sudah beraspal, namun sebagian lagi masih berupa jalan tanah berkerikil. Tidak ada papan petunjuk yang menginformasikan lokasi danau, Anda bisa bertanya kepada penduduk setempat. Jangan khawatir karena penduduk setempat sangat ramah.

Salah satu penanda bahwa Anda sudah memasuki kawasan Danau Weekuri adalah adanya pos jaga. Dari pos jaga ini, Anda harus berjalan sekitar 25 meter untuk menuju ke lokasi danau.

Sumber : utiket.com