Kamis, 18 Desember 2014

Pegunungan Jaya Wijaya Timika Indonesia



Introduksi

Pegunungan Jaya Wijaya adalah nama untuk deretan pegunungan yang memenjang di Papua barat dan Papua (Indonesia) hingga Papua New Guinea di Pulau Irian. Deretan pegunungan ini memiliki puncak gunung tertinggi meski ketinggian pegunungan ini sekitar 4884 m, namun disini kita bisa temukan fosil ikan dan klastik pada batuan gamping.

Bukti bahwa Pulau Papua beserta pegunungannya menjadi bagian dari dasar laut dapat di lihat dari fosil-fosil yang ada di pegunungan ini.

Puncak pegunungan Jaya Wijaya merupakan satu-satunya gunung di Indonesia yang puncaknya ditutupi oleh salju abadi.

Puncak-puncak di pegunungan Jaya Wijaya ini antara lain:

Puncak Jaya, dengan ketinggian sekitar 5.030 meter, yang sekitarnya terdapat Gletser Carstenz dan merupakan satu-satunya Gletser tropika yang berada di Indonesia.


Puncak ini juga pernah dinamai Poentjak Soekarno, Puncak jaya juga salah satu dari tujuh puncak tertinggi di dunia dan merupakan puncak tertinggi di Oceania.

Puncak Yamin, dengan ketinggian sekitar 4.535 meter. Puncak Idenberg, dengan ketinggian sekitar 4.673 meter. Puncak Mandala, dengan ketinggian sekitar 4.760 meter, Puncak Mandala adalah puncak tertinggi ketiga setelah Puncak Jaya dan Puncak Trikora.

Puncak Trikora. Dengan ketinggian sekitar 4,751 meter, Puncak Trikora memiliki kawasan Hutan antara lain: Hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane, Hutan Ericaceous atau Hutan Gunung. Oleh karena itu pegunungan Jaya Wijaya merupakan surga bagi para pendaki dan peneliti geologi. Jika kamu hobi mendaki ataupun sekedar ingin mengamati, inilah tempat paling tepat yang bisa kamu kunjungi meski jarak dan waktu tempuh serta medan yang kurang bersahabat namun semuanya akan terbayar dengan keindahan alamnya.

Sumber : utiket.com