Sabtu, 20 Desember 2014

Taman Nasional Kepulauan Togean Palu Indonesia



Introduksi

Taman Nasional Kepulauan Togean merupakan taman nasional yang diresmikan pada tanggal 19 Oktober 2004. Taman nasional ini terletak di Teluk Tomini, Provinsi Sulawesi Tengah atau tepatnya berada di Ampana, Kabupaten Tojo Una-Una, Provinsi Sulawesi Tengah. Taman Nasional Kepulauan Togean terdiri dari sekitar 66 pulau besar dan kecil. Enam pulau besar yang berada di kawasan kepulauan ini adalah Pulau Una-Una, Pulau Batudaka, Pulau Togean, Talatakoh, Pulau Waleakodi dan Pulau Waleabahi. 

Keindahan alam yang dimiliki oleh taman nasional ini sudah tidak diragukan lagi. Berbagai keaneka ragaman hayati terdapat di sini. Ekosistem baharinya menakjubkan. Begitu pula dengan ekosistem hutan dan pesisirnya. Di kawasan ini, Anda bisa menemukan kawasan hutan mangrove yang cantik. Beberapa penyu hijau dan penyu sisik yang langka serta berbagai jenis terumbu karang yang masih sehat dan alami juga ada di kawasan ini.

Berbagai kegiatan bisa Anda lakukan di kawasan ini. Bila mau trekking, Anda bisa mengunjungi Pulau Togean. Sedangkan Pulau Batudaka yang merupakan pulau terbesar dan paling mudah dicapai di kepulauan ini, memiliki beberapa spot snorkeling serta diving yang bisa Anda kunjungi. Dan beberapa kecantikan dan keindahan luar biasa lainnya bisa Anda dapatkan di kepulauan ini.

Fasilitas

Di kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean ini sudah tersedia beberapa penginapan yang bisa Anda sewa. Begitu juga untuk rumah makan. Banyak rumah makan yang menawarkan aneka olahan seafood.

Akses ke Taman Nasional Kepulauan Togean Palu

Lokasi taman nasional ini berada di Ampana, Kabupaten Tojo Una-Una, Provinsi Sulawesi Tengah. Anda bisa menuju ke sini melalui melalui Palu atau Gorontalo.

Bila dari Palu, rutenya adalah Palu – Ampana – Togean.

Dari Palu, Anda bisa langsung menuju ke Ampana melalui kendaraan darat. Dari Ampana, perjalanan dilanjutkan menuju ke Togean dengan menyewa kapal atau speedboat yang mampu menampung hingga 10 orang penumpang.

Bila dari Gorontalo, rutenya adalah Gorontalo – Ampana – Togean.

Dari Gorontalo, Anda bisa langsung menuju ke Ampana dengan menggunakan perahu. Perahu dari Gorontalo ke Ampana hanya berlayar setiap hari Rabu. Sedangkan dari Ampana ke Gorontalo perahu berlayar setiap hari Senin, Selasa, Kamis dan Minggu.

Dari Ampana, perjalanan bisa dilanjutkan menuju ke Togean atau datang ke Kantor Balai Taman Nasional Kepulauan Togean yang beralamat di Jl. Poros Uemalingku Atas, Kecamatan Ampana Kota.

Sumber : utiket.com