Selasa, 13 Januari 2015

Pulau Mantehage Manado Indonesia



Introduksi

Pulau ini letaknya di tengah laut dan masih berada di Kawasan Taman Nasional Bunaken. Lokasi tepatnya berada di Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara. Pulau ini merupakan pulau berpenghuni. Di dalamnya terdapat empat desa yang mendiami kawasan pulau yakni Desa Tangkasi, Desa Buhias, Desa Tinongko serta Desa Bongo.

Meskipun berada di tengah laut, namun sebagian besar mata pencaharian penduduknya adalah sebagai petani bukan nelayan. Yup, pengelola pulau ini yakni Balai Pengelola Taman Laut Nasional Bunaken-Manado mempunyai peraturan yang hanya memperbolehkan penduduk Pulau Mantehage menangkap ikan dengan batas tertentu. Mungkin faktor itulah yang menyebabkan penduduknya lebih memilih menjadi petani dari pada nelayan.

Pulau Mantehage dikenal pula dengan nama Pulau Mantehrawu atau Pulau Manterao. Pulau ini memiliki panorama alam yang indah. Sekelilingnya ditumbuhi oleh pohon bakau. Berbagai jenis ikan, terumbu karang serta biota laut terdapat di perairan pulau ini. Ombaknya pun terbilang cukup tenang. Arusnya pun juga sedang. Sehingga sangat cocok untuk melakukan kegiatan snorkeling maupun diving.

Fasilitas

Di pulau ini terdapat beberapa warung makan yang menyediakan menu seafood maupun bubur Manado. Hanya saja, belum terdapat penginapan atau hotel di pulau ini. Bila mau menginap, Anda bisa bermalam di rumah penduduk setempat atau menginap di Pulau Siladen. Jarak dari Pulau Mantehage ke Pulau Siladen hanya sekitar satu jam perjalanan.

Akses ke Pulau Mantehage Manado

Untuk menuju ke lokasi Pulau Mantehage, Anda bisa melalui kota Manado. Dari pusat kota Manado, Anda bisa langsung menuju ke Pelabuhan Manado. Dari pelabuhan, Anda bisa menyewa perahu atau speedboat untuk menuju ke Pulau Mantehage. Waktu tempuhnya sekitar satu jam perjalanan.

Sumber : utiket.com